Sinergi Linmas dan Aparat Keamanan dalam Tegakkan Prokes Saat Pilkada

BN Online, Jakarta–Keberadaan Linmas dalam setiap pemilihan umum memang kerap kita jumpai saat akan menyalurkan hak suara di TPS. Namun, berbeda dengan pelaksanaan Pilkada kali ini, Linmas akan memiliki tugas untuk menegakkan protokol kesehatan, bersinergi bersama aparat keamanan lainnya yakni TNI/Polri.
Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Akmal Malik dalam Webinar bertajuk “9 Desember” Kompas TV menyatakan, Linmas akan turut serta menegakkan protokol kesehatan, di samping penggunaan masker.
“Sudah dikonsolidasikan hampir 2 bulan terakhir di bawah komando kepolisian dan TNI bersinergi, untuk tidak saja persoalan masker, tetapi juga untuk menghindari, mengingatkan mereka yang berkerumun,” kata Akmal.
Keberadaan dua orang Linmas yang ditempatkan di setiap TPS itu diharapkan tak hanya bertugas dalam hal pengamanan masyarakat, namun turut serta mengingatkan soal protokol kesehatan.
“Sesuai UU, dari setiap TPS ada 2 orang Linmas, dulu namanya hansip. Nah inilah diharapkan nantinya bersama TNI dan Kepolisian untuk mengatur agar jangan terjadi kerumunan di TPS,” jelasnya.
Untuk itu, Akmal berharap, masyarakat mampu menyalurkan suaranya secara disiplin tanpa menimbulkan kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan.
“Setelah selesai pencoblosan, diharapkan tidak lagi berada di TPS, tetapi silahkan pulang ke rumah masing-masing,” pesannya.
#Puspen Kemendagri#
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.