SD Inpres Bung Makassar Gelar Kegiatan Instrumen Supervisi BDR

BN Online, Makassar--UPT SPF SD Inpres Bung Makassar melaksanakan pembelajaran dari rumah (BDR) dengan metode online atau offline atau penugasan mandiri terstruktur. Di sini pengawas, kepala sekolah dan para guru harus bisa mensinergikan tetap bertahan stay at home dengan stay work (tinggal di rumah dengan tetap bekerja) sehingga Pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan Peserta Didik tetap sehat tanpa mengabaikan peningkatan mutu pendidikan.
Adapun tujuan dari kegiatan supervisi BDR adalah untuk membantu Guru memastikan peserta didik belajar dengan baik di rumah, tidak membebani siswa, tidak menuntut ketuntasan kurikulum, melayani peserta didik untuk belajar, penilaian tidak harus kuantitatif dan mengetahui apakah program yang telah dibuat berjalan dengan baik sesuai dengan yang direncanakan, adakah hambatan yang terjadi, serta bagaimana para Guru-guru kelas bisa mengatasi hambatan tersebut.
Saat dikonfirmasi melalui awak media ini, Kamis (26/11-2020), Dra Ummu Salmah selaku kepala UPT SPF SD Inpres Bung Makassar mengatakan, dengan melakukan bimbingan/pendampingan online via WhatsApp atau Offline melalui kunjungan rumah (Home Visit) bagi guru yang belum melaksanakan tugas dengan baik, melaksanakan supervisi/monitoring online melalui WhatsApp atau Offline melalui kunjungan rumah sesuai kesepakatan dengan guru-guru kelas untuk memantau keterlaksanaan proses pembelajaran daring/luring,

“Pada tahap ini Kelompok kerja guru KKG yang akan disupervisi untuk menentukan waktu yang tepat untuk kegiatan supervise dan meminta guru untuk menyiapkan perangkat pembelajaran di rumah untuk dikirim kepada Pengawas sehingga Pengawas bisa mengoreksi dan memberi masukan tentang Rencana Persiapan Pembelajaran (RPP) belajar di rumah,” pungkasnya.
Sambungnya, Selain, tahap monitoring/pengawasan, meliputi mengirim instrument supervisi secara daring lewat media sosial WhatsApp atau langsung diberikan kepada guru, Guru mengisi instrumen supervisi; guru mengirim kembali respon instrumen lewat media sosial atau langsung. Pada tahap ini
“Selain itu, guru melaksanakan pembelajaran dari rumah sesuai dengan RPP yang telah disempurnakan oleh pengawas (bila memungkinkan bisa direkam),” tukas Ummu.

Diusahakan Supervisi BDR di masa Pandemi Covid-19 merupakan kegiatan monitoring yang menyenangkan, memudahkan, dan disesuaikan dengan kondisi guru dan peserta didik.
“Untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab” sesuai dengan amanat UURI No. 20 Th. 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional dapat tercapai,” tutup Dra. Ummu.
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.