UPT SPF SMPN 5 Makassar Gelar Pameran Hasil Projek Penguatan Pelajar Pancasila (P5)

BN Online, Makassar—UPT SPF SMP Negeri 5 yang terletak di Jl. Sumba, Kecamatan Wajo, Kota Makassar menggelar kegiatan Pameran Hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kamis (22/09/2022).

Dihadiri oleh pelatih ahli, pengawas dari Disdik Makassar, tenaga kependidikan, dan siswa-siswi.

Menurut, Firman, S. Pd, M. Pd selaku Kepala Sekolah UPT SPF SMPN 5 Makassar, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan sebagai bentuk bahwa pembelajaran itu, di Sekolah bukan hanya yang sifatnya pembelajaran di dalam kelas. Tapi juga pembelajaran yang menghasilkan suatu produk.

“Dengan menggelar Karya atau Expo yang sangat spektakuler. Dalam kegiatan ini semua hasil karya-karya siswa dari berbagai tema dan topik ditampilkan dengan menempati stand-stand yang sudah dipersiapkan oleh tim kurikulum dan kepanitiaan Gelar Karya P5 UPT SPF SMP Negeri 5 Makassar,” ujarnya.

Sambungnya, kegiatan yang diagendakan digelar ini hari Kamis, 22 September 2022 yang bertempat dilingkungan UPT SPF SMP Negeri 5 Makassar. Berbagai ragam kegiatan-kegiatan pendukung juga sudah dipersiapkan demi semaraknya kegiatan tersebut.

“Projek penguatan profil pelajar pancasila, memberikan kesempatan pada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya,” kata Firman.

Dalam kegiatan projek ini, peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari tema-tema atau isu penting sepeeti perubahan iklim, antiradikalisme, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi sehingga peserta ddik bisa melakukan aksi nyata dalam menjawab isu-isu tersebut, sesuai tahapanbelajar dan kebutuhannya.

“Selain itu, projek penguatan ini juga dapat mengispirasi peserta didik untuk memberikan kontribusi dan dampak bagi lingkungan sekitarnya,” tambahnya Firman.

Ia juga berharap, diantaranya dari profil Pancasila itu yaitu; beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berahlak mulia. Kemudian bergotong royong. Kemudian ada kreatif bernalar kritis, karakter, mandiri. Kemudian ada lagi berkepribadian sesuai dengan profil Pancasila.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.