UPT SPF SDI Hartaco Indah Gelar Kegiatan Selasa Ceria, Selasa Cerdas literasi

BN Online, Makassar—Literasi merupakan dasar bagi setiap orang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Baik secara kontekstual maupun fungsional, literasi berkaitan erat dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Upaya pengembangan literasi ditujukan untuk mengenali mereka yang senang belajar untuk mencerdaskan kehidupan di tanah air.

Seperti halnya di UPT SPF SD Inpres Hartaco Indah Makassar sekolah yang dijuluki sekolah Berkarakter, Berprestasi, Cinta Peduli Lingkungan melakukan gerakan budaya membaca yang dinamakan Selasa Ceria (Selasa Cerdas Literasi). (04/10/2022).

Menurut, Nuraeni Amir, S. Pd selaku Plh Kepala UPT SPF SDI Hartaco Indah mengatakan, kegiatan Selasa Ceria (Selasa Cerdas Literasi pagi ini dilakukan seminggu sekali, Dilaksanakan setiap hari Selasa, 15 menit sebelum jam pembelajaran dimulai. Semua murid murid diharapkan berkumpul di halaman sekolah untuk melakukan gerakan budaya membaca.

“Semua murid berkumpul di halaman sekolah mulai kelas 1 sampai dengan kelas VI, setiap murid mengambil tempat sesuai kelompok kelasnya masing-masin,” ucapnya

Nuraeni Amir, S. Pd menambahkan, kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik, kegiatan tersebut dinamakan Selasa Ceria Selasa Cerdas Literasi.

“Setiap murid mengambil buku sesuai keinginan yang akan dibacanya. Ada yang suka membaca Dongeng, buku cerita, ada yang suka sejarah dan lainnya,” ujarnya.

Murid murid diberikan waktu selama 15 menit untuk membaca, para murid murid juga akan diberikan pertanyaan oleh guru sebelum mengakhiri kegiatan Selasa Ceria Selasa Cerdas literasi ini.

“Berbagai macam buku yang telah disiapkan oleh perpustakaan sekolah, siswa tinggal memilih buku sesuai keinginan yang dibacanya, ada buku cerita, dongeng dan lainnya,” tambahnya, Nuraeni Amir.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *