Dinas PU Kota Makassar Keruk Sedimentasi Kanal Memasuki Musim Hujan

BN Online, Makassar—Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar mulai mengeruk sedimentasi di kanal-kanal jelang memasuki musim hujan. Langkah ini sebagai salah satu upaya pencegahan banjir,

“Pemeliharaan drainase itu bagian memastikan lintasan air yang berlebih dari prasarana di kanal. Kita bisa minimalisir dampaknya ketika ada genangan di permukiman masyarakat,” kata Kepala Bidang Drainase Dinas PU Makassar, Nurhidayat, Selasa (11/10/2022).

Nurhidayat mengatakan, pengerukan sedimentasi kanal bukan hanya sebagai antisipasi masuknya musim hujan, tetapi rutin dilaksanakan sepanjang tahun.

Salah salah satu kanal yang dikeruk adalah kanal di Jalan Balang Turungan. Kanal dikeruk tim yang diturunkan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang bekerja sama TNI.

Selain itu, Tim Satgas Drainase juga membersihkan saluran utama di Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Urip Sumoharjo. Hal ini untuk memastikan saluran pembuangan di Perumahan Tamalanrea Indah dapat dialirkan langsung ke Sungai Pampang.

Pembersihan drainase dan pengerukan sedimentasi diyakini mampu meminimalkan terjadinya banjir. Menurutnya, hal itu cukup signifikan dalam membantu pengaliran air pada saat hujan.

“Kita bisa lihat sendiri, beberapa titik genangan yang drainasenya optimal lancar, pada saat hujan reda, genangannya juga lebih cepat surut dari biasanya. Termasuk saluran-saluran sekunder agar lebih optimal mengalirkan air ke kanal untuk dibuang ke laut,” ungkapnya.(*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *