Sekda Makassar Tekankan Kekompakan Hadapi Bencana, Tupoksi Kerja Harus Jelas

BN Online, Makassar–-Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Muhammad Ansar, menekankan perlunya kekompakan tim dalam menghadapi bencana. Menurutnya, tupoksi personel di lapangan harus jelas agar dapat memaksimalkan layanan pada korban terdampak bencana.

Ansar juga meminta agar semua pihak dapat bahu-membahu dalam menghadapi bencana. Saling bersinergi dan menjalin komunikasi yang baik sehingga semua dapat diakomodasi dengan baik.

Inilah yang diinstruksikannya saat hadir sebagai pembina apel kesiapsiagaan dan simulasi tanggap darurat bencana yang diadakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar di pelataran anjungan Toraja Mandar, Pantai Losari Makassar, Selasa (6/12/2022).

“Ada beberapa titik di Kota Makassar yang memang rawan akan bencana banjir. Kecamatan Manggala dan Biringkanaya menjadi daerah yang boleh dikatakan langganan banjir. Olehnya itu, saya meminta agar daerah yang sudah dikelompokkan ini menjadi perhatian dan segera diantisipasi sejak dini,” pinta Ansar.

Tak hanya itu, Ansar juga meminta agar personel di lapangan tanggap akan kebutuhan warga dan segera berkoordinasi dengan pihak terkait.

“Personel lapangan tolong lebih peka dan sigap melihat apa yang dibutuhkan warga di lokasi. Makanan, pakaian, bantuan medis, atau hal lainnya itu harus segera dikomunikasikan agar layanan dapat maksimal,” tegasnya.

Hadir dalam apel ini Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Sulawesi Selatan (Sulsel), Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Makassar, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Makassar, Kepala BPBD Makassar, unsur TNI/Polri, dan sejumlah relawan bencana.

Ansar juga meminta semua pihak agar mengutamakan keselamatan jiwa saat menghadapi bencana. “Jadi, perhatikan dan identifikasi bencananya lalu segera berikan pertolongan. Utamakan keselamatan jiwa korban lalu evakuasi dan berikan bantuan makan minum serta medis,” pesan Ansar.(*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *