Realisasi Investasi Kota Makassar Meningkat di Triwulan III Tahun 2023

BN Online, Mkaassar—Realisasi investasi Kota Makassar triwulan III periode Juli – September tahun 2023 mencapai angka Rp. 2,35 Triliun di mana sektor transportasi gudang dan telekomunikasi menjadi sektor dengan capaian realisasi tertinggi dengan Rp. 824 Miliar lebih disusul sektor perdagangan dan reparasi sebesar Rp. 510 Miliar dan sektor perumahan kawasan industri dan perkantoran sebesar Rp. 289 Miliar dengan jumlah proyek yang terlapor sebesar 2735.

Untuk asal investor masih didominasi oleh investor dalam negeri sebesar 87.21% dan investor luar negeri sebesar 12,79% yang sebagian besar berasal dari Singapura Malaysia dan Jepang.

Kepala DPMPTSP Kota Makassar Andi Zulkifly menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pelaku usaha yang sudah melaporkan LKPM di periode triwulan III mengingat data Laporan Kegiatan penanaman Modal atau LKPM merupakan data penting dalam menetapkan realisasi investasi.

“Kami telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan realisasi investasi di tahun 2023 dengan melakukan sosialisasi dan Klinik LKPM baik secara offline maupun secara online melalui aplikasi dan kami ucapkan banyak terima kasih kepada pelaku usaha yang telah melaporkan LKPM di triwulan III ini”.

Kepala Bidang perencanaan, pengendalian dan promosi penanaman modal DPMPTSP Makassar Fadliah mengatakan “strategi pelaksanaan bimbingan teknis di periode saat sistem penginputan laporan LKPM dibuka berjalan efektif karena pelaku usaha yang mengikuti bimbingan teknis bisa langsung menginput laporan LKPM melalui sistem OSS”.

Lanjutnya, Kepala Bidang kebijakan, data dan sistem informasi layanan DPMPTSP Makassar firman Wahab mengatakan terdapat peningkatan realisasi investasi pada periode triwulan III ini dimana angkanya mencapai RP. 2,35 Triliun dibanding pada triwulan II yang hanya Rp. 1,96 Triliun dengan ini total realisasi investasi kota makassar jika diakumulasikan dari bulan Januari – September 2023 sebesar Rp. 4,93 Triliun.

“angka ini masih bisa bertambah lagi mengingat masih ada periode pelaporan triwulan IV yang akan datang para pelaku usaha dapat memanfaatkan layanan klinik LKPM baik offline di runag layanan maupun secara online pada aplikasi SIPANA’MAMO untuk melakukan konsultasi pada saat penginputan LKPM”.

Seperti diketahui sebelumnya DPMPTSP telah meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Pengendalian Penanman Modal atau SIPANA’MAMO yang dapat menyajikan dan menganalisa data realisasi investasi serta dapat digunakan pelaku usaha untuk mendapatkan informasi dan melakukan konsultasi saat penginputan LKPM. “aplikasi ini dapat diakses melalui link sipanamamo.dpmptsp.makassarkota.go.id “ tutup Firman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!