DPM PTSP: Bahas Pembangunan Makassar Government Center sebagai Pusat Layanan Publik Terbaru

BN Online, Makassar--Dinas Penanaman Modal dan PTSP 2024 menggelar pertemuan di Hotel Aston dengan tema “Makassar Government Center, The New Icon Makassar.” Rabu 28 Februari 2024

Acara yang dibuka oleh Pj Sekda Makassar, Firman Hamid Pagarra, ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk narasumber dari berbagai instansi seperti Kadis Bappeda Makassar dan Wakapolres.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Penyelenggaraan Perizinan, Faizal Burhan, menjelaskan bahwa tujuan Forum Perangkat Daerah ini adalah untuk menyelaraskan program dan kegiatan di PTSP dengan usulan masyarakat, mempertajam indikator dan target kinerja, serta menyesuaikan pendanaan program.

Sementara sambutan PJ Sekda Makassar Firman Hamid Pagarra mengatakan Salah satu sorotan utama dalam acara ini adalah rencana pembangunan Makassar Government Center (MGC) yang akan menjadi pusat layanan publik pemerintah kota.

Gedung ini akan menampung Mall Pelayanan Publik (MPP) dan menjadi kantor dari Organisasi Perangkat Daerah yang melakukan pelayanan publik. Dukungan dari sistem informasi yang terintegrasi dengan data center pemerintah kota melalui Makassar Virtual Economic Center (Marvec) juga dipertegas.

Rencana pembangunan MPP Kota Makassar dinilai sebagai langkah pembaharuan bagi sistem pelayanan publik di Kota Makassar. Diharapkan, MPP akan menjadi wadah yang progresif dan akomodatif dalam memadukan pelayanan dari berbagai lembaga, baik pemerintah pusat, daerah, BUMN/BUMD, maupun swasta.

Penggunaan teknologi informasi terkini, termasuk konsep metaverse, juga akan diintegrasikan dalam pelayanan publik di MPP Kota Makassar. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan kenyamanan masyarakat dalam memperoleh layanan.

Walikota telah mengeluarkan surat edaran terkait percepatan penyelenggaraan MPP di Kota Makassar, dengan menugaskan seluruh OPD terkait untuk mempersiapkan layanan yang akan diselenggarakan di MPP. Rencananya, ujicoba MPP akan dilakukan pada bulan Juli, dengan peluncuran resmi dijadwalkan pada November 2024.

Dengan rencana pembangunan MPP ini, diharapkan akan terjadi reformasi birokrasi yang berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kota Makassar serta meningkatnya daya saing global dan minat investor di daerah tersebut.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!