UPT SPF SDI Bitoa Makassar Lakukan Supervisi Bersama Pengawas dan Kepala Sekolah

BN Online, Makassar — Supervisi pendidikan adalah serangkaian kegiatan membentuk guru mengembangkan kemampuannya, maka dalam melaksanakan supervisi terhadap guru perlu diadakan kemampuan guru, sehingga dapat ditetapkan aspek mana yang perlu dikembangkan dan bagaimana cara yang tepat dalam proses mengembangkannya.

Kepala UPT SPF SDI Bitoa Makassar, Muh. Ikbal, S. Pd, mengatakan, pelaksanaan tugas-tugas itu dapat dikerjakan dengan baik, maka pengawas dan kepala sekolah dituntut mempunyai berbagai cara dan teknik supervisi terutama yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas-tugas guru dan karyawan, dan pertumbuhan jabatan.

” Pengawas dan kepala sekolah harus bersinergi dan berkolaborasi untuk melaksanakan program supervisi pendidikan serta memanfaatkan hasilnya. Kemampuan tersebut harus diwujudkan dalam penyusunan program supervisi kelas, pengembangan program supervisi untuk kegiatan ekstra kurikuler, pengembangan program supervisi perpustakaan, laboratorium, dan ujian. Terangnya, Jumat 1 Maret 2024.

Lanjut ia juga mengatakan pengawas dan kepala sekolah dalam menjalankan supervisi hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip

“Adapun harus Di perhatikan program supervisi ini diantaranya
Supervisi bersifat konstruktif dan kreatif, Supervisi harus berdasarkan kenyataan, Supervisi harus sederhana dan informal, Supervisi harus memberikan perasaan aman, Supervisi harus didasarkan hubungan profesional. Dan Supervisi harus memperhatikan sikap” kata Kepala UPT SPF SDI Bitoa Makassar, Muh Ikbal, S. Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!