Pemkot Makassar Raih Penghargaan Best SME Empowerement di Acara CNN Awards 2024

BN Online, Jakarta-–Pemerintah Kota Makassar meraih penghargaan dalam kategori Best SME Empowerement di acara CNN Awards 2024.

Pada acara tersebut, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menerima penghargaan dari pimpinan Redaksi CNN Indonesia Titin Rosmasari dalam acara puncak penghargaan yang digelar Hotel Claro Makassar, Kamis (21/3).

Danny sapaan akrabnya mengucapkan berterimakasih atas penghargaan yang diberikan ke Pemkot Makassar.

“Ini sebuah penghargaan atas kerja sama semua orang. Terimakasih arahan dari PJ Gubernur Sulsel, Kapolda Sulsel, Kajati Sulsel dan Ketua DPRD Sulsel,” kata Danny.

Awards ini akan dihadiri langsung oleh Pj Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin, Jaksa Agung ST Burhanuddin hingga Chairman sekaligus Founder CT Corp Chairul Tanjung (CT).

Pada CNN Indonesia Awards pertama, penghargaan akan diberikan kepada pemerintah kota/kabupaten, BUMD, serta pihak swasta yang ada di Sulawesi Selatan.

Kota Makassar memiliki usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang melimpah. Berdasarkan laporan Dinas Koperasi dan UMKM), sedikitnya Makassar sudah memiliki 19 ribu UMKM pada 2023.

Meskipun jumlah UMKM terhitung banyak, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus mendorong semangat perkembangan ekonomi berskala mikro hingga sedang itu. Salah satunya dengan program Appakabaji UMKM.

Appakabaji UMKM adalah suatu ekosistem yang mengintegrasikan beberapa program yaitu Sistem Informasi Data Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (SidatuMiciko), Inkubator Mini di Konter (Kontainer Terpadu), dan Inkubator UMKM Kota Makassar.

Sidatu Miciko adalah suatu big data center yang dibuat untuk mewujudkan ketersediaan data UMKM dan koperasi di Kota Makassar dengan akurat. UMKM itu kemudian diinkubasi dengan tujuan adanya peningkatan kualitas.

Selain itu, Pemkot lewat Dinas Koperasi dan UMKM Makassar juga menyelenggarakan SMES dan Financing Expo 2024. Gelaran acara ini diharapkan bisa membuat jalan pelaku UMKM melesat.(*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!