PT SRL1 dan PT SRL2 Berkolaborasi Tingkatkan Mutu Komite Sekolah Binaannya

BN Online, Pasangkayu–Kontribusi PT Astra Agro Lestari (PT AAL) dalam bidang pendidikan di masa Pandemi Covid 19 patut diapresiasi. Pasalnya, melalui anak perusahaannya yakni PT PT Suryaraya Lestari 1 (SRL1) dan PT Suryaraya Lestari 2 (SRL2) kembali menjalankan program peningkatan Mutu Pendidikan untuk sekolah-sekolah di Desa Binaannya dalam bentuk kegiatan training Komite Sekolah melalui Webinar. Training yang digagas oleh Departemen Education Social Engagement PT AAL bekerja sama dengan Yayasan Sakolah Insan Semesta selaku Narasumber dengan mengusung tema “Meningkatkan Peran Serta Komite Sekolah Dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid 19”, yang dilaksanakan selama dua hari yakni dari tanggal 4-5 November 2020.
Meski melalui Webinar, sebanyak 39 peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru, dan Ketua Komite sekolah dari masing-masing sekolah binaan PT SRL 1 dan PT SRL 2 antusias mengikuti kegiatan selama 2 hari ini. 9 sekolah dari jenjang SD, SMP, dan SMU/SMK dalam lingkup Kecamatan Sarudu, kabupaten Pasangkayu serta 4 sekolah dari jenjang SD, SMP, dan SMA dalam lingkup Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Provinsi Sulbar, juga berkontribusi aktif dalam kegiatan ini, hongga totalnya 13 sekolah dari 2 kabupaten yang menjadi binaan PT SRL 1 dan PT SRL 2 menjadi peserta dalam kegiatan training Komite ini.
Mewakili Kepala Dinasnya, Sekertaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahrga Kabupaten Pasangkayu, Hendrik, dalam sambutannya menyampaikan Apresiasinya kepada PT SRL1 dan PT SRL2 yang telah menyelenggarakan kegiatan Training Komite Sekolah ini.
“Saya mewakili bapak kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pasangkayu menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak perusahaan dalam hal ini PT. SRL 1 dan PT. SRL 2 yang menyelenggrakan kegiatan Training Komite Sekolah,” ucapnya.
Hendrik juga menjelaskan bahwa tentunya kegiatan Training Komite Sekolah dalam masa Pandemi Covid 19 merupakan upaya luar biasa yang ditunjukkan oleh perusahaan dalam memberikan kontribusi terhadap peningkatkan mutu pendidikan khususnya peran serta Komite Sekolah pada sekolah-sekolah negeri yang menjadi binaan PT. SRL 1 dan PT. SRL 2.
“Kami sangat mengapresiasi atas inisiatif dari perusahaan yang tentunya dengan kegiatan ini menambah pengetahuan dan pemahaman pihak sekolah dan komite sekolah terkait peran serta komite sekolah dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas meski di masa pandemi Covid 19. Dan saya berharap dengan kegiatan training yang diselenggarakan oleh PT. SRL1 dan PT. SRL 2 ini, sekolah-sekolah binaannya dapat menjadi barometer peningkatan kualitas pendidikan di wilayah kita,” harapnya.
Sementara itu, Administratur PT. SRL 1 dan PT. SRL 2, M. Tugiran dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan keberadaan PT. SRL 1 dan PT. SRL 2 di tengah-tengah lingkungan masyarakat di Kabupaten Pasangkayu dan Kabupaten Mateng dapat memberi kontribusi terhadap kemajuan daerah melalui program-program yang dijalankan oleh perusahaan salah satu diantaranya adalah program dalam bidang pendidikan seperti kegiatan training guru dan komite sekolah yang dijalankan ini.
“Kami senantiasa memberi kontribusi terhadap kemajuan dan perkembangan daerah melalui program-program eksternal yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar. Salah satunya seperti kegiatan peningkatan mutu Kepala Sekolah, Guru dan Komite Sekolah melalui kegiatan training seperti ini sehingga kami berharap bahwa dengan adanya kegiatan training ini, sekolah-sekolah yang menjadi binaan kami dapat mengaplikasikan hasil training ini dan dapat pula ditularkan ke sekolah-sekolah yang lain sehingga nantinya terwujud sekolah-sekolah yang bekualitas di daerah kita,” ujarnya.

Sekedar diketahui, dalam pelaksanaan kegiatan diawali dengan acara pembukaan dan dilanjutkan dengan kegiatan inti paparan materi dari Narasumber Acih Suarsih dari tim Yayasan Sakola Insan Semesta Bogor dengan materi Kebijakan Pendidikan di masa Pandemi Covid-19, Pelaksanaan BDR dimasa Pandemi Covid-19, Praktikum BDR dimasa Pandemi dengan menggunakan alat sederhana, dan Pembelajaran BDR secara Luring di Perkebunan Kelapa Sawit. Bukan itu saja, peserta training juga mendapatkan aplikasi Kobocollec untuk mensinergikan sekolah dan komite sekolah dalam pengembangan program-program sekolah secara online.
Ditemui usai kegiatan training, Hj. Hasnawiah, S.Pd. Selaku Ketua Komite SMP Negeri 1 Budong-Budong menyampaikan apresiasinya kepada perusahaan yang telah menyelenggarakan kegiatan training komite ini. Menurutnya, kegiatan training komite sekolah yang dilaksanakan selama dua hari ini sangat luar biasa sekali karena dengan kegiatan ini, dirinya selaku komite sekolah banyak mendapatkan ilmu terkait peran komite dalam bersinergi untuk kemajuan proses pendidikan di sekolah apalagi di masa pandemi Covid 19 yang sampai saat ini masih mewabah.
“Dengan adanya training ini, materi-materi terkait peran komite dalam masa BDR sangat memberi solusi dalam pelaksanaan BDR. Di samping itu, panduan-panduan dan aplikasi Kobocollec sangat memudahkan kami kedepannya selaku komite sekolah dalam bersinergi dengan pihak sekolah. Sekali lagi, terima kasih kepada PT. SRL 1 dan PT. SRL 2 yang telah menyelenggrakan kegiatan ini,” Ungkapnya.
Sementara itu selaku pelaksana kegiatan, Andi Ibrahim, menuturkan bahwa kegiatan training Komite Bisa yang diselenggarakan ini merupakan program rutin tahunan Departemen Education Social Engagement PT SRL 1 dan PT. SRL 2 dalam mengimplementasikan Program Terpadu Pendidikan Masyarakat (PTPM) bagian dari 4 pilar Public Contribution yaitu Astra Cerdas yang dijalankannya.
“Pelaksanaan training Komite Bisa ke sekolah-sekolah binaan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kalau tahun lalu kegiatannya dilakukan dalam ruangan dan tatap muka langsung dengan peserta, tahun ini training dilakukan melalui Webinar karena Pandemi Covid 19,” tuturnya.
Andi Ibrahim menambahkan, Meskipun demikian, bukan merupakan hambatan untuk upaya peningkatan sinergitas antara pihak sekolah dengan Komite Sekolah dalam mewujudkan mutu layanan pendidikan kepada peserta didik dalam sistem Belajar Dari Rumah (BDR).
Selain itu, Andi Ibrahim juga menjelaskan bahwa meski dalam bentuk Webinar, tidak mengurangi esensi dan tujuan Training Komite Sekolah.
“Tujuan dilakukannya kegiatan training Komite Sekolah ini untuk meningkatkan mutu dan dan peran serta Komite Sekolah binaan PT. SRL 1 yang ada dalam lingkup Kabupaten Pasangkayu dan Kabupaten Mamuju Tengah dalam menjawab tantangan terkait permasalahan dan kendala-kendala dalam sistem Pembelajaran Daring dan Luring yang berlangsung di semua sekolah-sekolah binaan PT. SRL 1 dan PT. SRL 2,” tutupnya. (E Syam)
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.