Aktivitas Tambang Pasir di Sungai Lisu Kecamatan Tanete Riaja Barru Disoal Warga

BN Online, Barru–Adanya aktivitas tambang pasir di sungai lisu, membuat beberapa warga setempat resah dan hawatir akan dampak yang ditimbulkan nantinya.

Seperti yang disampaikan salah seorang warga Ibu Hj RK(45) Saat ditemui di kediamannya di Desa Kading pada Sabtu sekitar pukul 14:42 WITA(17/7/2021).

“Kami bersama warga lainnya yang mempunyai sawah dan kebun di sekitar pinggiran sungai lisu sangat hawatir dengan adanya aktivitas pengambilan pasir yang menggunakan alat berat di sungai lisu,” ungkap ibu Hj RK.

Lanjut Hj RK, Kekhawatiran kami di Karenakan Sebelumnya juga pernah ada aktivitas yang sama(tambang-red) dilokasi tersebut sehingga mengakibatkan sawah dan kebun kami mengalami longsor.

“Jadi kami sangat hawatir akan terjadi hal yang sama jika aktivitas tambang pasir terus berlanjut,” kata Ibu Hj.

Ia juga menambahkan dalam waktu dekat ini kami bersama warga lainnya akan melaporkan ke pemerintah setempat.

Terpisah Kepala DPMPTSPTK Barru, Syamsir saat dikonfirmasi terkait izin tambang pasir tersebut mengatakan,

” Untuk dilokasi sekitar jembatan lisu memang ada izinnya dulu Atas nama pemilik Nasaruddin alias Dendeng, tapi yang sekarang melakukan aktivitas tambang kami hanya cek dulu untuk memastikan siapa yang melaksanakan kegiatan tersebut,”ungkap Samsyir melalui via telepon pada Sabtu sekitar pukul 16:45 WITA,(17/7/21).

Untuk diketahui Aktivitas tambang pasir tersebut berada di perbatasan dua Desa yaitu Desa Kading dan Desa Lompo tengah Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru atau tepatnya di sungai lisu dekat jembatan lisu.

Selain Disoal warga aktivitas tambang pasir tersebut sangat berdekatan dengan jembatan.(red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.