Minim Pendapatan, Wali Kota Danny Akan Evaluasi Kinerja Perusda

BN Online, Makassar–Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) merasa kecewa melihat kondisi Perusahaan Daerah (Perusda) saat ini. Sebab, Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang begitu minim.

Bahkan, Danny menegaskan akan melakukan evaluasi kinerja terhadap Perusda dengan minimnya kontribusi PAD akan menjadi bahan penilaian untuk dirinya.

“Jadi akan dievaluasi (Perusda), karena pemasukan mereka ini minim tidak ada deviden,” ujar Danny, Kamis (05/08/21).

Ia mengaku, sudah ada dua Perusda yang baru-baru ini beralih status ke Perusahaan Umum Daerah (Perumda), yakni Parkir dan Pasar Makassar Raya. Perubahan status, menurutnya harus dibarengi dengan upaya peningkatan PAD.
“Jadi harus saya pelajari dulu. Karena ini kan inisiasi dewan. Paling tidak dengan adanya status hukum itukan lebih bisa bergerak,” katanya.

“Ujung-ujungnya ini kalau Perumda adalah seberapa banyak kau berkontribusi terhadap PAD, kalau tidak ada kontribusi ke PAD berarti tidak ada gunanya,” tambahnya.

Sebelumnya, DPRD Kota Makassar telah menetapkan peralihan status Perusahaan Daerah Parkir Makassar Raya menjadi Perumda. Itu setelah sempat molor sejak awal 2021.

9 Fraksi menyepakati perubahan tersebut. Dan disaksikan Danny Pomanto lewat Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kota Makassar, Rabu (04/08/2021).

Perubahan tersebut diharapkan bisa menjadi angin segar bagi Perumda terlebih Perumda Pasar merupakan salah satu Perumda yang masih minim berkontribusi dalam PAD. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.