Indira Jusuf Ismail Ajak Masyarakat Mendukung Gerakan Makassar Bebas TBC

BN Online, Makassar–Ketua Forum Multi Sektor Eliminasi Tuberkulosis (TBC) Kota Makassar, Indira Jusuf Ismail, mengatakan angka penularan TBC di Kota Makassar setiap tahunnya meningkat. Angka kasusnya mencapai angka 5 ribuan orang yang terinfeksi bakteri mycobacterium tuberculosis, penyebab penyakit TBC.

Forum Multi Sektor Eliminasi Tuberkulosis ini, dibentuk dengan dukungan berbagai pihak dengan dinas kesehatan sebagai leading sector dan melibatkan USAID melalui program Mandiri TB,” kata Indira saat berbicara dalam sebuah Diseminasi di Hotel Claro Makassar, Sabtu (7/8/2021).

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Makassar itu juga mengatakan, peningkatan taraf kesehatan masyarakat menjadi salah satu konsen dari Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Tak hanya penanganan Covid-19, penanganan penyakit TB juga terus dilakukan. Dia berharap Gerakan Makassar Bebas TBC dapat membebaskan warga dari infeksi mycobacterium tuberculosis.

“Meskipun PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) diberlakukan, namun, pemerintah khususnya Pemerintah Kota Makassar juga terus melakukan upaya untuk melindungi kesehatan masyarakat. Beberapa program inovasi, diantaranya Dottorota, Makassar Recover serta Isolasi Apung Terpadu yang mencakup tiga dimensi, yakni isolasi, penyembuhan, serta rekreasi untuk meningkatkan imun penderita,” ujarnya.

Indira berharap agar pengusaha dan organisasi masyarakat dapat bergandengan tangan memberikan dukungan secara nyata dalam penanganan Covid-19 dan TB di Kota Makassar.

“Dengan forum ini diharapkan adanya gerakan bersama untuk menciptakan Makassar bebas TB melalui aksi TOSS TB, yakni Temukan TB Obati Sampai Sembuh,” pungkasnya. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.