Ketua DPRD Makassar Minta Kepala Sekolah dan Komite Bahu-membahu Bangun Kualitas Pendidikan

BN Online, Makassar-–Dewan Pendidikan Kota Makassar (DPKM) menggelar rapat koordinasi (rakor) yang melibatkan Dinas Pendidikan Makassar dan seluruh komite sekolah Kecamatan Panakkukang dan Manggala.

Ketua DPKM Makassar, Rudianto Lallo, mengatakan pentingnya sinergitas dan kolaborasi antara Dinas Pendidikan dalam hal ini kepala sekolah dengan komite. Ia pun meminta kepala sekolah (kepsek) dan komite bahu-membahu mewujudkan layanan pendidikan.

“Kepala sekolah dan komite punya peran besar. Keduanya saling melengkapi agar proses belajar berjalan dengan baik,” kata Rudianto saat menutup rakor DPKM, Dinas Pendidikan Makassar, dan seluruh komite sekolah di Rumah Makan Ujung Pandang, Selasa (28/6/2022).

Rudianto mengatakan dalam Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 pasal 3 ayat 1 sangat jelas komite sekolah melakukan pengawasan pendidikan di sekolah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, komite sekolah juga menentukan pertimbangan dalam pelaksanaan kebijakan terkait, rencana anggaran pendapatan, dan belanja sekolah (RAPBS/RKAS).

“Termasuk juga pengawasan kinerja sekolah, serta keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari peserta didik, orang tua siswa dan masyarakat,” tambah Rudianto yang juga Ketua DPRD Makassar.

Politisi Partai NasDem itu menegaskan tupoksi komite sekolah sangat besar. Kepala sekolah dan komite tidak boleh saling mendahului.

“Kalau memahami topuksi masing-masing maka kepsek dan komite bisa membangun pendidikan dengan baik, tapi kalau kepsek mau ambil alih komite maka tunggu kehancurannya, begitu sebaliknya,” sebutnya.

Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Muhiddin, menambahkan tugas utama komite itu bersifat independen dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja kepala sekolah.(*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!