Begini Cara PT SRL 2 Berdayakan Ibu-ibu di Desa Babana

BN Online, Mateng, — PT Suryaraya Lestari 2 (SRL 2) berkomitmen melaksanakan penerapan, pemeliharaan, pengembangan, perbaikan dan pengelolaan lingkungan hidup. Hal ini juga guna meminimalisir kemungkinan dampak lingkungan negatif, mengembangkan pengaruh positif, serta memanfaatkan sumber daya alam dan manusia melalui program Astra Hijau. Program yang digagas oleh PT SRL 2 kali ini bekerjasama dengan pemerintah Desa Babana, Kecamatan Budong-budong, Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Provinsi Sulbar, merupakan program yang melibatkan ibu-ibu di Desa Babana demi mewujudkan program Astra Hijau, Jumat (01/07-2022).

Sebagai wujud kontribusi dalam pengelolaan lingkungan desa binaan perusahaan, PT SRL 2 melibatkan ibu-ibu PKK Desa Babana sebagai kader lingkungan yang dibina langsung PT SRL 2 melalui Departemen Education Sosial Enggagemen yang dikomandoi oleh Andi Ibrahim.

Sebelumnya, PT SRL 2 juga telah bekerjasama dengan pemerintah desa Babana dan membentuk kader lingkungan di 3 dusun dalam wilayah Desa Babana sebagai agen perubahan dalam mewujudkan Desa Babana yang hijau dan sehat, dimana kurang lebih 30 ibu-ibu PKK yang tergabung dalam kader lingkungan yang telah dibentuk ini nantinya akan menjadi pelaksana program-program atau kegiatan yang akan dijalankan oleh PT SRL 2 bekerjasama dengan pemerintah Desa Babana berupa penghijauan lingkungan seperti penanaman pohon dan bunga.

Selain penanaman pohon, juga pembuatan kebun sayur-mayur dan toga sebagai ketahanan pangan desa, dan pengelolaan sampah plastik dalam bentuk hasil karya yang bernilai jual. Perwujudan kader-kader lingkungan desa Babana yang terbentuk ini sebagai ujung tombak dalam mengkampanyekan dan menggalakkan program-program seperti Program Penghijauan melalui Gerakan Peduli Lingkungan (GERLING), Program Kebersihan Lingkungan melalui Gerakan Kurangi Sampah Plastik (GERAK SAPA) serta Program Pengelolaan Sampah Terpadu (PPST) melalui Gerakan 5 R (Refine, Reduce, Reuse, Recycle, Recovery).

Didampingi Ketua DPD Desa Babana, Kepala Desa (Kades) Babana, Arifuddin Adhyn Achmad, menyampaikan apresiasinya kepada PT SRL 2 atas kepedulian dan perhatiannya melalui program-program CSR yang telah dijalankan di Desa Babana.

“Selaku pemerintah Desa Babana, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT. SRL 2 yang tak henti-hentinya memberikan perhatian dan kontribusi di Desa Babana melalui program CSR nya,” ungkapnya.

Arifuddin juga menyampaikan harapannya agar ibu-ibu kader lingkungan Desa Babana dapat memaksimalkan bantuan dari PT SRL 2 ini dan meneruskannya ke Ibu-ibu lainnya yang ada dalam lingkup Desa Babana pada khususnya.

“Semoga Ibu-ibu kader lingkungan dapat memaksimalkan dan memetik ilmu dari program ini, sehingga program-program yang akan dilaksanakan kedepannya dapat dikelolah dengan baik dan berkesinambungan,” harapnya.

Salah satu Ibu-ibu kader lingkungan, Hj Hasnawiah, S.Pd, juga menyampaikan apresiasinya kepada PT. SRL 2 atas program Astra Hijau yang melibatkan ibu-ibu di Desa Babana sebagai kader lingkungan yang nantinya sebagai penggerak dalam mengkampanyekan program-program penghijauan di Desa Babana.

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada PT SRL 2 dengan adanya program Astra Hijau yang masuk ke desa kami ini sehingga dapat melibatkan ibu-ibu PKK yang ada di Desa Babana ini sebagai Kader Lingkungan yang nantinya akan menjalankan program-program lingkungan setidaknya diawali dengan program budidaya sayur-mayur di lingkup dusun kami masing-masing kader. Semoga Kader lingkungan yang terbentuk ini dapat menjadi kader pembaharuan dalam penghijauan lingkungan di Desa Babana,” ucapnya.

Sementara itu PIC Program CSR dari PT. SRL 2 Andi Ibrahim mengatakan, program Astra Hijau ini merupakan salah satu 4 pilar CSR yang dijalankannya. CSR Penghijauan merupakan bentuk komitmen dan kepedulian PT SRL 2 dalam bidang lingkungan di desa binaan perusahaan.

“Hasil diskusi saya bersama Kades Babana terkait program Astra Hijau mendapat respon dan dukungan yang positif dari beliau sehingga hari ini kami membentuk kader lingkungan yang melibatkan ibu-ibu PKK desa sekaligus sosialisasi program-program penghijauan yang akan dijalankan kedepannya di Desa Babana ini,” ujarnya.

Andi Ibrahim menambahkan, beberapa Program seperti Pengelolaan Sampah Terpadu, Gerakan Kurangi Sampah Plastik, Program Kebun Sayur, dan bahkan Penanaman Pohon dan bunga dapat dijalankan oleh ibu-ibu PKK sebagai kader lingkungan yang sudah terbentuk ini.

“Program awal yang akan kita jalankan minggu ini adalah budidaya sayur-mayur di 3 kebun dusun sebagai percontohan,” jelasnya.

Dalam pembetukan kader tersebut, juga dilakukan sosialisasi Kebijakan berkelanjutan PT Astra Agro Lestari (AAL), sosialisasi kawasan hutan konservasi dan mangrove, serta sosialisasi satwa-satwa yang dilindungi. yang paparan materinya disampaikan oleh PIC Konservasi area Celebes 1 Rustam. Laporan : E Syam

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.