Lantik 10 Kades Zona Papeti, Yaumil Berpesan Jangan Asal Mengganti Perangkat Desa?

BN Online, Pasangkayu—- Sepuluh (10) Kepala Desa (Kades) terpilih zona Pasangkayu, Pedongga dan Tikke’ Raya (Papeti) hasil pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Lantik Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa. Pelantikan ini dipusatkan di aula kantor Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulbar, Senin (4/7-2022).

Ada pun kesepuluh Kades yang dilantik yakni Kades Malei Muslimin, Kades Pakava Aso Malik, Kades Gunung Sari I Nyoman Sukariawan, Kades Ako Agling, Kades Karya Bersama Rahmanuddin, Kades Batuoge Arif P, Kades Tikke Raya Zainal Abidin, Kades Jengeng Raya Abdul Rahim, Kades Martasari I Wayan Astawa Yasa dan Kades Pajalele Yusman B.

Dalam kesempatan tersebut, Yaumil menyampaikan selamat bertugas kepada para Kades yang terpilih. Ia juga meminta Kades segera membangun komunikasi dengan semua lembaga yang ada di Desa, terutama Badan Permusyawarayatan Desa (BPD) selaku mitra dalam menjalankan pemerintahan desa.

“Selamat bertugas dan segera lakukan komunikasi dengan segenap mitra kerja,” ucapnya.

Yaumil juga berpesan agar Kades terpilih tidak asal mengganti perangkat Desa nya, apa lagi dengan alasan politik balas budi. Kata Yaumil, Kades mesti memahami dan mematuhi peraturan mengenai pergantian perangkat desa.

“Jangan langsung melakukan pemberhentian dan mengangkat perangkat desa baru. Jangan sampai itu bertentangan dengan aturan, sehingga menimbulkan permasalahan hukum dikemudian hari. Kades harus betul-betul memahami regulasi,” tegas Yaumil.

Ditambahkanya, dalam menjalankan roda pemerintahan, Kades mesti tetap memegang prinsip, akuntabilitas, profesional dan transparan. Yaumil juga menegaskan agar dapat memaksimalkan pengelolaan keuangan Desa sesuai dengan ketentuan berlaku demi kemajuan desa.

“Kades harus melakukan pelayanan dikantor, karena itu adalah simbol jalanya pemerintahan Desa yang baik. Selama ini saya melihat banyak kantor Desa yang tidak difungsikan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pasangkayu Irfan Rusli Sadek menyampaikan, selain melantik di Zona Papeti, dihari yang sama Bupati juga dijadwalkan melantik Kades terpilih di zona Kecamatan Bambalamotu, Bambaira, dan Sarjo (Bambarasa).

“Hari ini juga dilakukan pelantikan Kades terpilih Zona Bambarasa dan pada Rabu 6 Juli, direncanakan pelantikan Kades terpilih untuk zona Kecamatan Baras, Bultaba, dan Lariang (Babula), kemudian zona Kecamatan Sarudu, Dapurang, dan Duripoku (Sadadu),” jelasnya. Laporan : E Syam

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.