Tahun Ini Distan Pasangkayu Bangun Irigasi Tanah Dangkal, Ini Titik-titiknya

BN Online, Pasangkayu—Demi memastikan ketersediaan air di persawahan dan tanaman Hortikultura bagi Kelompok Tani (Kapoktan) yang tergabung dan terferivikasi di Dinas Pertanian, Hortikultura dan Tahanan Pangan (Distan) Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulbar, tahun ini Distan Pasangkayu bangun Irigasi Tanah Dangkal di 12 titik/tempat berbeda.

“Benar, Tahun ini kami membangun Irigasi Tanah Dangkal di 12 titik, di antaranya 6 titik untuk tanaman Hortikultura yang terbagi di Desa Maponu 3 titik dan Kelurahan Pasangkayu 3 titik sementara untuk Pangan Persawahan 3 titik di Desa Wulai dan 3 titik di Desa Patika,” jelas Kepala Dinas (Kadistan) Pasangkayu, Nurdin, saat diwawancarai di ruang kerjanya, Rabu (6/7-2022).

Ada pun soal pengerjaannya, Nurdin menjelaskan bahwa kegiatan ini di Swakelolakan ke Kapoktan dan proses pencairan berdasarkan tahapan pencairan dengan pertanggung jawaban bobot pekerjaan.

“Pekerjaan ini menggunakan dana DAK dan di Swakelolakan ke Kapoktan,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Muh Ishak, menjelaskan kegiatan ini berdasarkan Sistem Informasi Penyuluhan Pertanian (Simultan) berdasarkan pengusulan Kapoktan, dan PSP akan mengusulkan ke Penyuluh lalu pengusulan ke Kementrian agar diverifikasi layak tidaknya mendapatkan bantuan.

“Kami proses berdasarkan permohonan Kapoktan yang masuk dan kami tetap berpegang pada aturan Permentan no 41 selaku pengawasan,” jelasnya. Laporan : E Syam

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.