Bupati Kembali Lantik Kades Terpilih, Kali Ini Giliran Zona Babula

BN Online, Pasangkayu—Bupati Pasangkayu, Yaumil Ambo Djiwa, kembali melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala desa (Kades) untuk periode 2022-2028. Setelah melantik Kades terpilih Zona Papeti dan Bambarasa, kali ini giliran Kades terpilih Zona Baras, Bulutaba’ dan Lariang (Babula).

Kegiatan ini juga turut dihadiri Wakil Bupati Pasangkayu Herny Agus, pimpinan Forkopimda, OPD dan camat yang berlangsung di aula kantor Kecamatan Bulutaba, Kamis (07/7-2022).

Setelah mengambil sumpah jabatan Kades, Yaumil mengungkapkan bahwa masih banyak kantor Desa yang tidak aktif atau tidak berfungsi dengan baik sebagai tempat pelayanan kepada masyarakat.

“Lakukan pelayanan kepada masyarakat di kantor Desa dan fungsikan sebagaimana mestinya. Saya melihat banyak kantor Desa tidak berfungsi dengan baik, sementara kita tahu pelayanan di kantor merupakan simbol penyelenggaraan pemerintahan yang baik,” tegas Yaumil.

Selain itu, Yaumil juga menegaskan kepala Desa yang tidak melaksanakan kewajibannya itu akan diberikan sanksi administrasi berupa teguran secara lisan atau tertulis. Apabila teguran administrasi itu tidak dilaksanakan, maka akan dilakukan pemberhentian sementara dan dapat dilakukan pemberhentian selamanya.

Bupati juga menghimbau Kades melakukan pemberdayaan seluruh komponen di Desa untuk mendorong kemandirian desa baik dari aspek sosial maupun ekonomi.

“Pelajari dan pahami tugas serta kewajiban dan wewenang kepala Desa. Selain itu, jangan mengangkat dan memberhentikan perangkat Desa bila tidak sesuai peraturan perundang-undangan dan tidak melakukan pergantian secara langsung setelah anda dilantik,” terangnya.

Sekedar diketahui, ada pun nama-nama Kepala Desa yang dilantik meliput tugas kecamatan, yakni kecamatan Bulutaba, Kepala Desa Bukit Harapan Supriadi dan Kepala Desa Kastabuana I Wayan Budi. Kecamatan Baras, Kepala Desa Motu Nurdin, Kepala Desa Towoni Umar Bakrie dan Kepala Desa Bulu Parigi Sukma. Kecamatan Lariang, Kepala Desa Kulu Sumuliadi, Kepala Desa Batu Matoru Indra,ST, Kepala Desa Bamba Koro Subhan,SE dan Kepala Desa Singgani Jasmin. Laporan : E Syam

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.