Sambangi Warga Binaan Bhabinkamtibmas Himbau Peternak Waspada PMK

*Sambangi Warga Binaan Bhabinkamtibmas Himbau Peternak Waspada PMK*

Bidik Nasional.id _ Sumbawa Besar-NTB, Untuk mengantisipasi adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, Bhabinkamtibmas Desa Suka Damai Kecamatan Labangka Bripka I Nyoman Adnyana lakukan monitoring kepada peternak di wilayah Desa Binaanya, Jumat (16/12/22) pagi.

Dalam kegiatan tersebut, Bhabinkamtibmas tetap memberikan himbauan dan edukasi terhadap peternak untuk tetap disiplin dan waspada terkait kesehatan hewan peliharaannya serta mematuhi himbauan-himbauan pemerintah terkait wabah penyakit Mulut dan kuku (PMK) pada ternaknya.

Bhabinkamtibmas juga menghimbau apabila ada hewan ternak yang sakit agar segera melaporkan dan berkoordinasi dengan puskeswan terdekat dan pihak terkait untuk segera dilakukan pengobatan.

Ditempat terpisah, Kasi Humas Polres Sumbawa AKP Sumardi S.Sos menerangkan bahwa jajaran Polres dan Polsek terus menghimbau terkait dengan adanya wabah PMK agar kepada peternak diwilayahnya untuk melakukan langkah antisipasi dengan menjaga kebersihan kandang dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan serta memberikan edukasi peternak terkait ciri-ciri klinis hewan ternak yang terserang PMK.

Himbauan dan edukasi terus diberikan oleh Bhabinkamtibmas jajaran kepada peternak di wilayah masing-masing, sehingga penularan wabah PMK dapat segera di atasi dan juga dicegah.

“Jika peternak melihat tanda-tanda tersebut, sebaiknya langsung melaporkan kepada dokter hewan agar dilakukan pemeriksaan lab dan memberikan pengobatan agar tidak semakin buruk. ” ucap Kasi Humas. (Kartim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *