Kepala UPT SPF SDI Batua I Makassar Pimpin Upacara Peringatan Lahirnya Pancasila

BN Online, Makassar — Sebagai pembina upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2023 adalah Ketua gugus 5 di Halaman Sekolah.

Rangkaian upacara yang diikuti oleh para Guru dan Anak Didik didahului dengan pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan pembacaan teks pancasila dan pembacaan Undang-Undang-Dasar tahun 1945.

Dalam sambutannya, Hijrah Nurja Husmal, S. Pd selaku kepala UPT SPF SDI Batua I Makassar membacakan amanat tentang Pancasila

“Upacara ini meneguhkan hati kita agar kita lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Disampaikannya bahwa Pancasila merupakan hasil dari sebuah rangkaian proses yaitu rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

Dengan berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, segala permasalahan seperti radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara dapat dihindari.

Untuk itu, peran pemuka agama, pendidik, budayawan dan pelaku seni rupa, media dan jajaran pemerintahan, TNI-Polri serta seluruh komponen masyarakat dalam bersama-sama menjaga Pancasila sangat dibutuhkan.

“Mari kita bergotong royong demi memajukan Indonesia. Selamat hari pancasila. Kita Indonesia, kita Pancasila,” pungkasnya

Diakhir sambutannya Hijrah Nurja Husmal, S. Pd juga mengajak seluruh Guru dan Anak didik untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila saat melaksanakan tugas maupun dalam kehidupan sehari hari sebagai perwujudan rasa cinta tanah air.

“Semoga kita semua bisa menjaga dan mengamalkan makna dari Pancasila sebagai ideologi bangsa,” tutup Hijrah Nurja Husmal, S. Pd Selaku Kepala UPT SPF SDI Batua 1 Makassar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!