Peringatan Harlah Pancasila, UPT SPF SDN Maricaya II Laksanakan Upacara Pengibaran bendera Bersama Mahasiswa Kampus Mengajar

BN Online, Makassar—- Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 diperingati di lapangan Halaman Sekolah upacara UPT SPF SDN Maricaya II,Pagelaran pada pukul 07.10 WIT Diikuti oleh seluruh anak Didik, guru dan Mahasiswa Kampus Mengajar.

Upacara pagi ini dilaksanakan dengan hikmat oleh seluruh peserta upacara, Plh Kepala UPT SPF SDN Maricaya II, Sitti Nurbaety Ahmad, S.Pd., M.Pd, Tabe’ selaku Pembina dalam pidato seragam yang dibacakan ia mengatakan Pancasila terdiri dari lima sila yang mengandung nilai-nilai luhur. Kelima silanya menjadi kewajiban kita semua untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

” Mari kita semua untuk mengamalkan dan menpendomani makna dai kelima sila yang ada di pancasila ” urainya

lanjut ia juga mengutarakan Sebagaimana kita tahu bahwa di zaman sekarang ini masih banyak ditemukan konflik sosial, radikalisme, hingga perang saudara yang tidak mencerminkan nilai-nilai dari Pancasila.

“Sebagai generasi penerus kehidupan negara Republik Indonesia wajib mengetahui mendalami makna mengenai sejarah lahirnya Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Tujuan dari penyelenggaraan Peringatan Hari Lahir Pancasila ini adalah untuk menguatkan dan mengingatkan tentang dasar-dasar Pancasila dan untuk menjaga dan memelihara kesatuan dan persatuan bangsa para generasi muda terhadap Pancasila, sehingga diharapkan seluruh komponen bangsa Indonesia dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila ke dalam kehidupan sehar-haru mari kita bersama-sama bergotong royong memajukan negeri kita Indonesia tercinta.” jelasnya

Cara sederhana menerapkan nilai-nilai Pancasila tentu bisa kita mulai bersama dari lingkungan rumah serta sekolah tempat kita belajar ini.

Seperti meningkatkan rasa toleransi antar agama, bersikap jujur ketika menghadapi ujian sekolah, beradab kepada orang tua, Bapak dan Ibu guru, mematuhi peraturan di sekolah, serta menjadi anak yang berprestasi.

Dengan adanya Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 oleh segenap keluarga besar UPT SPF SDN Maricaya II Pagelaran diharapkan dapat menjaga nilai-nilai luhur yang terkandung dalam lima sila Pancasila dan benar-benar diaplikasikan oleh mereka dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah, di rumah ataupun pada pergaulan masyarakat luas.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!