UPT SPF SDN Maricaya II Terapkan 3 Hari belajar Literasi Selama Sepekan Guna Dongkrak Minat Baca Siswa

BN Online, Makassar— Literasi memberikan dampak baik terhadap prestasi akademik anak. Anak- anak yang sudah biasa dengan literasi memiliki kemampuan belajar dan komunikasi yang lebih baik. Literasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merupakan suatu kemampuan menulis dan membaca, ataupun pengetahuan serta keterampilan maupun kemampuan seseorang dalam mengolah informasi serta pengetahuan untuk kecakapan hidup.

Singkatnya, literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Banyak cara yang dilakukan bagi seorang pendidik untuk menumbuhkan semangat kepada siswa untuk selalu belajar.

Karena siswa sekolah dasar harus menguasai tiga aspek dasar seperti membaca, menulis dan berhitung. Aspek dasar terpenting dari pembelajaran siswa adalah literasi atau membaca.

Literasi yang diterapkan di UPT SPF SDN Maricaya II, Setiap pekan dalam sepekan terjadwal 3 hari kegiatan literasi, yakni Selasa, Rabu, Kamis

Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari dalam sepekan itu dengan mengumpulkan seluruh peserta didik untuk membaca selama 15 menit lalu diminta menceritakan kembali secara tertulis isi bacaan yang mereka baca dengan bahasa mereka masing-masing

Plh Kepala UPT SPF SDN Maricaya II, Sitti Nurbaety Ahmad, S.Pd., M.Pd berharap kegiatan selama tiga hari  Literasi di sekolah dilakukan terus menerus sehingga minat baca siswa dapat ditingkatkan lebih baik.

“Kegiatan belajar literasi selama sepekan pada hari Selasa ,Rabu Kamis ini adalah ide-ide baru dan inovasi baru agar kegiatan literasi bervariasi dan siswa dapat memupuk rasa cinta membaca sejak dini melalui di lingkungan sekitar siswa,” jelas Sitti Nurbaety Ahmad, S.Pd., M.Pd

Sitti Nurbaety Ahmad, S.Pd., M.Pd menambahkan kegiatan Pagi Selasa, Rabu dan Kamis Literasi ini merupakan bentuk implementasi 18 program Revolusi yaitu upaya peningkatan minat baca siswa melalui literasi.

Ia menerangkan kegiatan membaca buku ini dilakukan selama 15 menit. Manfaat membaca dalam hati dan hening agar siswa lebih fokus dan dapat memahami makna cerita dengan mudah, tidak mengganggu konsentrasi siswa lainnya.

” Pada saat mencatat apa yang disampaikan, siswa dapat menangkap makna, memahami cerita, pesan dan gagasan dari menyimak siswa lainnya.Tujuan dan manfaat siswa menyebutkan bacaan yang sudah dibaca adalah agar siswa memahami dan mengerti dengan giat membaca” tambahnya

Sitti Nurbaety Ahmad, S.Pd., menambahkan, upaya UPT SPF SDN Maricaya II untuk peningkatan minat baca siswa melalui literasi adalah kegiatan Pagi Selasa, Rabu Kamis Literasi ini selama sepekan sehingga apa yang sudah dibaca dengan mudah oleh siswa karena berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-hari, belajar dari lingkungan melalui literasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!