UPT SPF SMPN 24 Makassar Selenggarakan debat dan PILKETOS Periode 2024-2025

BN Online, Makassar — Organisasi siswa intra sekolah (OSIS) UPT SPF SMPN 24 Makassar menyelenggarakan pemilihan ketua dan wakil ketua osis periode 2024/2025.

Pemilihan Ketua OSIS bertujuan untuk memperkenalkan sistem demokrasi dan kepemiluan kepada peserta didik di lingkungan sekolah, dengan adanya PILKETOS siswa juga bisa menyuarakan pendapatnya.

pemilihan ini di adakan terbuka untuk seluruh warga sekolah UPT SPF SMPN 24 Makassar agar bisa menggunakan hak suara mereka secara langsung.

Kegiatan ini di mulai Jumat,1 Maret 2024 yang diawali dengan pendaftaran calon ketua dan wakil ketua osis pada tanggal Jumat,1 Maret 2024 kampanye visi misi calon ketua dan wakil ketua osis debat calon ketua dan wakil ketua osis dan di akhiri dengan kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua osis pada Jumat,1 Maret 2024.

Adapun kegiatan ini di selenggarakan di aula dan lapangan UPT SPF SMPN 24 Makassar Pemilihan ketua dan wakil ketua osis ini cukup menarik,karena dua hari sebelum pencoblosan oleh masing masing calon. Tiga pasangan calon yang berkompetisi melakukan orasi serta menyampaikan visi dan misi yang akan mereka lakukan di satu tahun ke depannya

Pemilihan diadakan menggunakan prinsip demokrasi, seperti dalam pemilihan presiden atau kepala daerah di Indonesia. Seluruh warga sekolah diberikan kesempatan untuk melaksanakan pemilihan calon Ketua OSIS dengan cara voting melalui pilihan secara langsung. Ada pun tata cara pemilihan sebagai berikut: 1) Setiap peserta didik dibariskan per kelas untuk mengambil surat suara. 2) Peserta didik masuk ke bilik suara dan memilih salah satu calon Ketua OSIS. 3) Peserta didik memasukkan kertas suara yang telah di coblos ke kotak suara. 4) Terakhir, peserta didik mencelupkan jari kelingking ke tinta sebagai bukti sudah menyuarakan suaranya

Proses menuju Ketua melalui beberapa tahapan
1. Pendaftaran bakal calon
2. Seleksi menuju 3 calon yang terpilih
3. Penyampaian visi misi 3 calon dihadapan seluruh siswa dan guru pada saat upacara
4. Debat kandidat dihadapan Kepala sekolah,Pembina OSIS,Wakasek dan guru

Saat dikonfirmasi awak media ini, melalui Whats Appnya, Ahad (03/03/2024). Kepala UPT SPF SMPN 24 Makassar, Muhammad. Ashar Kadir, S. Pd, M. Pd, menyampaikan dua hal terkait kegiatan tersebut. Pertama, pemilihan Ketua OSIS adalah suara demokrasi untuk melatih peserta didik, jika dewasa nanti memiliki hak suara untuk mengikuti pemilihan umum dan bisa memilih pemimpin yang bisa memajukan daerah atau organisasi tersebut dengan hati nurani masing-masing. Kedua adalah tidak boleh golput atau tidak memilih karena suara kalian menentukan masa depan.

“Diajarkan sejak dini peserta didik untuk demokrasi untuk memilih jangan golput karna itu bisa mempengaruhi masa depan ” ujarnya

Lanjut ia menjelaskan Dengan hasil tersebut maka ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS periode 2024/2025 terpilih yaitu Nabila Hafiza Khalik dan Wakilnya yaitu Keisha Dzatil Izzah Purba Semoga bisa menjadi ketua OSIS dan wakil ketua OSIS yang bertanggungjawab dan bisa bekerja sama dengan pengurus OSIS yang lain untuk mewujudkan Program OSIS SMP yang lebih baik lagi.

“Selamat bagi Ananda yang terpilih sebagai ketua OSIS periode 2024 atas nama Nabila Hafiza Khalik dan wakil Keisha Dzatil Izzah Purba yang terpilih, semoga amanah yang diberikan sesuai dengan visi misi mereka dan menjadikan OSIS ini tambah baik lagi ” harapnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!