UPT SPF SDN Maradekaya II Makassar Tanam Sayur Bayam Merah Sebagai Ikon Sekolah Menuju Adiwiyata Nasional

BN Online, Makassar—UPT SPF SD Negeri Maradekaya II Kecamatan Makassar, Kota Makassar menjadikan sayur bayam merah dan lainnya sebagai ikon sekolah dalam menuju Sekolah Adiwiyata Nasional tahun 2024.

“Upaya menjadikan sayur bayam merah menjadi ikon sekolah, dilakukan dengan menanam sayuran ini diarea sekolah, melibatkan siswa dan juga guru, dalam program menuju sekolah Adiwiyata Nasional,” tegas Kepala UPT SPF SDN Maradekaya II Makassar, Drs, Sudin, M. Pd, Sabtu (27/04/2024).

Lanjutnya, bahkan hasil dari budidaya sayur bayam merah di sekolah ini, akan diolah untuk beragam kegiatan disekolah.

“Dipilihnya sayur bayam merah, karena kondisi sekolah “Tanaman bayam atau Glodokon tiong, Durian, bagus tumbuh di area sekolah kami, apalagi dengan cahaya matahari dan hawa hangat cocok untuk bayam merah dan lainnya,” tambahnya.

Selain itu, tanaman bayam merah tahan terhadap cahaya matahari langsung, dan sayur bayam merah banyak mengandung zat besi sehingga bermanfaat bagi tubuh manusia.

“Memang kami pernah menjadikan ikon sekolah, dan sekarang tanaman bayam merah. Cocok dengan kondisi sekolah,” jelasnya.

Area tanaman bayam merah, durian, glodokon tiong, ikon di UPT SPF SDN Maradekaya II Makassar. Dan juga akan menggelar lomba taman sebagai agenda tahunan memperingati hari menanam pohon nasional.

“Kegiatan ini sudah memasuki tahun ketiga, bekerja sama dengan walimurid dan komite sekolah,” imbuh Sudin.

Selain itu, di UPT SPF SDN Maradekaya II Makassar melakukan pembiasaan karakter anak setiap hari, dengan pengarahan tentang karakter peduli lingkungan selama 15 menit di halaman sekolah.

“Juga penyampaian nasehat dan penanaman karakter oleh guru, pembacaan doa dan visi misi sekolah bersama-sama,” tutup Drs. Sudin, M. Pd.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!