Begini Cara PT SRL 1 Tingkatkan Mutu Kader Posyandu Binaannya

BN Online, Pasangkayu–Kontribusi PT Suryaraya Lestari 1 (SRL1) dalam bidang kesehatan patut diacungi jempol. Pasalnya dimasa Pendemi Covid 19 ini PT SRL 1 menggalakkan program peningkatan mutu untuk kader-kader posyandu di Desa Binaannya dalam bentuk kegiatan training kader posyandu melalui Webinar. Training kali ini mengusung tema “Meningkatkan Kompetensi Kader Posyandu Binaan Dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid 19”, Senin (26/10-2020).
Meski melalui webinar, sebanyak 80 Kader Posyandu dari 16 Posyandu Binaan di 7 Desa dalam Lingkup Kecamatan Sarudu, Dapurang, dan Duripoku antusias dalam mengikuti training tersebut. Antusiasme peserta training dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta kepada pemateri seputar masalah Stunting pada anak dan Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi.
Bukan itu saja, penampilan lomba yel-yel dari setiap kader posyandu menjadi semarak dan menarik pelaksanaan training ini meskipun dalam bentuk webinar. Dorprize dan hadiah yang disediakan oleh panitia menambah semangat dan antusiasme peserta dalam mengikuti kegiatan training. Hadir sebagai Narasumber dr. Fuji Astutii yang membawakan materi terkait Pencegahan Stunting Dalam Masa Pandemi Covid 19 dan Narasumber kedua dr. Meri Andela Dewi menyampaikan materi tentang Pemberian ASI  Eksklusif.
Sementara itu, usai kegiatan training, Khadija W. Insani ketua kader dari posyandu Kenanga Desa Kumasari mengungkapkan bahwa keikutsertaannya dalam kegiatan training kader posyandu mendapat banyak ilmu yang dapat diaplikasikan di Posyandu.
“Semangat ibu ibu tidak peduli dimana tempatnya asalkan bisa ikut gabung meeting zoom karena ilmu yang di berikan sangat bermanfaat bukan cuma disalurkan di posyandu tetapi juga buat diri sendiri. Pokoknya pembelajaran yang luar biasa terutama buat saya pribadi yang masih mempunyai 2 balita yang masih harus di pantau pertumbuhannya dan masih diberi ASI,” ungkapnya.

Sementara itu selaku pelaksana kegiatan, Andi Ibrahim, menuturkan bahwa kegiatan training kader posyandu eksternal ini merupakan program rutin tahunan Departemen Education Social Engagement PT SRL 1 dalam mengimplementasikan Program Terpadu Pendidikan Masyarakat (PTPM) bagian dari 4 pilar Public Contribution yaitu Astra Sehat yang dijalankannya.
“Pelaksanaan training kader posyandu binaan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kalau tahun lalu kegiatannya dilakukan diruangan dan tatap muka langsung dengan peserta, tahun ini training dilakukan melalui Webinar karena Pandemi Covid 19,” ujarnya.
Selain itu, Andi Ibrahim juga menjelaskan bahwa meski dalam bentuk Webinar, tidak mengurangi esensi dan tujuan pelatihan kader posyandu. Tujuan dilakukannya kegiatan training kader posyandu  ini untuk meningkatkan mutu dan kompetensi para kader posyandu binaan di 7 Desa lingkup kecamatan Sarudu, Dapurang, dan Duripoku sehingga nantinya dapat pula meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat yang ada di Desa masing-masing kader.
“Tujuan utamanya adalah menjadikan posyandu binaan menjadi posyandu yang mandiri sebagai pusat kegiatan kesehatan masyarakat”, pungkasnya. (E Syam)
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.