Barru Satu Diantara 24 kabupaten/kota Mitra USAID MADANI yang Sudah Terbentuk Simpul

BN Online, Barru–Program MADANI, saat ini sedang memulai aksi untuk membangun kolaborasi dengan Pemerintah Daerah setelah melakukan pengukuran Indeks Kinerja Organisasi (IKO), yang memungkinkan Mitra Utama mengukur kemampuan organisasi mereka termasuk mengukur kapasitasnya hal tersebut disampaikan Field Coordinator (FC) Darwis.ST, saat ditemui usai melaksanakan kegiatan di aula kantor Bappeda Kabupaten Barru Sulsel pada rabu(04/11/2020).
“Di 24 kabupaten/kota mitra USAID MADANI sudah terbentuk Simpul sebagai pendekatan MADANI untuk memperkuat hubungan antara Pemerintah Daerah dan Organisasi Masyarakat Sipil lokal,” kata Darwis
Di juga menambahkan, selain itu, Kabupaten Barru dalam pelaksanaan kegiatan Simpul Belajar telah terbentuk dan di beri nama Forum ‘Yessiberrui” pada tanggal 23 September 2020 dan di launching tanggal 29 Spetember 2020 dalam acara visioning Workshop .
Terpisah Direktur LSM Daun Hijau Hj. Rostina.SE, mengatakan, Forum ini beranggotakan organisasi berjumlah 7 CSO yang memiliki komitmen bersama terhadap penguatan CSO dan isu tematik Pelayanan public di Kabupaten Barru.
“Untuk membangun visi bersama tentang simpul belajar dan memperdalam pemahaman konsep serta untuk memudahkan proses fasilitasi langkah-langkah konkrit kedepan, USAID MADANI berpandangan penting untuk memberikan pelatihan bagi Mitra Utama terkait dengan Simpul Belajar,”kata Hj Rostina.

Lanjut dia, Ini sebagai tindak lanjutnya, tanggal 2-4 Nopember 2020 diadakan pelatihan Simpul Belajar MADANI Kabupaten Barru yang diikuti 7 Ormas/CSO dan SKPD terkait, Bappeda, DPMPTSP, DUkcapil, Kesbangpol.
“Pelatihan ini bertujuan untuk membangun kesepahaman bersama antar Mitra Utama USAID MADANI tentang visi, konsep serta langkah demi langkah dalam proses fasilitasi Simpul Belajar MADANI,”ucap ke awak media.
Sekedar diketahui Pada pelatihan tersebut dibahas tentang latar belakang dan alasan tentang pentingnya Simpul Belajar; Membangun pemahaman bersama tentang konsep Simpul Belajar Madani.
Melakukan simulasi dalam fasilitasi 6 langkah dalam siklus Simpul, Belajar Madani; Merumuskan rencana aksi untuk pengembangan Simpul Belajar Madani di masing-masing.
Salah seorang peserta Pelatihan simpul belajar yassiberrui dari DPC LSM Gerak Indonesia Cabang Barru saat ditemui mengatakan, ” Kegiatan sangat baik dan berharap semoga dampak pelatihan ini dapat meningkatkan kapabiltas kami,”kata Ketua Gerak.(Qdri)
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.