Belajar dari seorang Diego Simeone, Pelatih Sepakbola Tersukses di Atletico Madrid

BN Online, Jakarta–Terlahir dengan nama lengkap Diego Pablo Simeone 51 thn yang di Argentina. Pria Argentina yang lebih di kenal dengan nama Diego Simeone ini bisa di bilang sebagai salah pelatih sepakbola tersukses di Atletico Madrid. Dalam 10 thn terakhir bersama Atletico Madrid, Simeone memang hanya 2 kali bisa mengangkat piala la liga dan 2 kali finalis liga champions, tetapi Simeone tetaplah pelatih hebat yang mampu mengganggu hegemoni Real Madrid dan Barcelona di la liga. Dua klub yang memiliki dukungan financial yang jauh lebih besar.
Simeone mengawali karir sebagai pemain sepakbola di klub lokal Argentina yaitu Veles Sarsfield thn 1987 – 1990 sebelum memulai petualangannya di Eropa.
Tercatat mulai Pisa, Sevilla, Atletico Madrid, Inter Milan, Lazio, kembali ke Atletico Madrid sebelum pensiun di Racing Club di liga Argentina thn 2006.
Simeone juga tercatat membela team nasional Argentina sebanyak 106 kali, tentu jumlah tersebut menunjukkan bahwa Simeone bukan pemain sembarangan.
Mulai karir sebagai pelatih
Setelah malang melintang sebagai pemain sepakbola, karir yang di pilih selanjutnya oleh Simeone tidak jauh dari dunia yang membesarkan namanya tersebut, yaitu sebagai pelatih sepakbola.
Mengawali di klub dimana Simeone mengakhiri sebagai pemain di Racing Club pada thn 2006 kemudian Simeone melatih klub besar liga Argentina mulai dari Estudentes, River Plate dan San Lorenzo sebelum berkarir di Catania di Seri A Italia, kemudian kembali ke liga Argentina melatih Racing Club sebelum hijrah ke Atletico Madrid thn 2012 sampai sekarang.
Selama berkarir sebagai pemain sepakbola Simeone di kenal sebagai *gelandang bertahan* yang tangguh, ulet dan pantang menyerah. Simeone juga di kenal memiliki jiwa kepemimpinan dan motivator yang baik bagi rekan rekannya. Simeone mampu menjadi mentor yang baik bagi pemain pemain yang lebih muda baik di klub maupun team nasional Argentina.
*Karakter dan jiwa kepemimpinan* Simeone yang kuat ini telah membantu membawa Simeone menjadi pelatih dengan bayaran termahal di dunia saat ini, mengalahkan nama nama beken seperti Guardiola, Zidan atau Tuchel.
Pelajaran dari Simeone
Untuk menjadi pelatih hebat tidak cukup hanya berbekal ilmu kepelatihan saja. *Karakter yang kuat, berintegritas tinggi dan kemauan/kemampuan untuk terus belajar* menjadi modal utamanya.
Sehingga tidak mengherankan jika saat ini Simeone di kenal sebagai pelatih yang mampu mentransformasi para pemainnya untuk menjadi petarung-petarung yang tangguh, yang tidak gampang menyerah, menjadi motivator ulung, pencari bakat bakat yang hebat, yang mampu memaksimalkan potensi setiap pemain* . Bagi Simeone skill pemain dapat di tingkatkan dengan latihan latihan yang intensif, tetapi karakter sebagai pejuang, petarung yang berintegritas harus di miliki setiap pemain nya.
*Memaksimalkan setiap potensi (sumber daya)untuk kemajuan bersama (team) jauh lebih penting, daripada mengelola (sumber daya) yang bagus tetapi hanya fokus pada tujuan masing masing, bukan tujuan bersama (team)* .Karena tujuan akhir perjuangan adalah bagaimana kita bisa menggali dan memaksimalkan setiap potensi/ peluang untuk memberikan manfaat yang sebesar besarnya.(E. Syam/*)
 
 
 
 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.