Sering Terjadi Kecelakaan, Warga Kaluku Jeneponto Perbaiki Jalan Rusak

BN Online, Jeneponto–Sejumlah warga di Dusun Gudangan Desa Kaluku, Kecamatan Batang, Kabupaten Jeneponto, Sulsel memperbaiki jalan raya yang rusak parah di sekitar tempat tinggal mereka, Sabtu (24/7/2021).

Aksi perbaikan jalan sepanjang 30 meter tersebut dilakukan pada jalur tanjakan penghubung antara batas Desa Kaluku dan Kelurahan Bonto Raya Kecamatan Batang.

Aksi ini juga menyita perhatian bagi sejumlah pengendara yang melewati jalan tersebut.

Mulai dari orang tua, anak muda hingga anak-anak antusias memperbaiki jalan yang rusak. Perbaikan jalan dengan menggunakan campuran semen menggantikan aspal yang sudah mengelupas.

Mereka bahu membahu mengumpulkan batu, dan menggali selokan dibahu jalan, mengaduk untuk mencampurkanya dengan semen lalu diberi air agar bisa dipadatkan pada permukaan jalan yang berlubang hingga tuntas.

Kepala Desa Kaluku Haruling didampingi Kepala Dusun Gudanga Abd Majid yang berada di lokasi tersebut mengatakan, perbaikan jalan ini murni atas kepedulian masyarakat terhadap kondisi jalan yang rusak parah.

“Hampir setiap hari ada yang tergelincir atau kecelakaan apalagi disaat musim penghujan, jalan ini sangat rawan karena kondisi jalan yang rusak dan berlubang,” ujar Abd.Majid.

Satu hal yang saya dapatkan hari ini, lanjut Abd Majid, masyarakat tidak mengeluh tetapi dengan sukacita ambil bagian dalam kegiatan gotong royong.

“Jika dibiarkan, lubang jalan bisa tambah melebar. Apalagi menunggu proyek perbaikan dari pemerintah yang belum pasti,” sebut Abd Majid.

Abd Madjid menambahkan bahwa sumbangsih warga bukan hanya tenaga namun juga uang untuk membeIi semen, pasir serta makan dan minum untuk warga yang terlibat dalam perbaikan jalan.

“Di tengah pandemi covid-19, walaupun susah dengan spontan masyarakat mau patungan untuk menyumbang sehingga dana yang terkumpul kurang lebih 2 juta rupiah karena semen yang dibutuhkan sekitar 15 zak dan pasir dan juga untuk biaya komsumsinya,” terangnya.

Kepala Desa Kaluku dan Kepala Dusun Gudanga berharap aksi warga di kampungnya juga bisa menjadi penyemangat dan pemicu untuk warga lain karena jalan yang rusak dan berlubang tersebut sebenarnya di luar batas desa.

Jalan tersebut merupakan penghubung antara Desa Kaluku dan Kelurahan Bontoraya Kecamatan Batang, jadi kami tidak menunggu dari kepedulian Pemerintah Kelurahan, namun hanya melihat badan jalan atau fasilitas umum lain rusak parah tanpa bisa berusaha memperbaiki.

“Kalau ada yang sudah mulai rusak daripada tunggu proyek lebih baik kita kerja sendiri daripada sudah rusak parah kita tidak bisa gunakan lagi,” ujar Kades Kaluku.(Iskandar)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!