Disnaker Sulsel Sosialisasi Program AKAN di Jeneponto, Begini Reaksi Bupati!

BN Online, Jeneponto–Bupati Iksan Iskandar menyambut baik program Antar Kerja Antar Negara (AKAN) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Demikian diungkapkan Iksan Iskandar saat acara rapat koordinasi bertajuk Coffe Morning di ruang Pola Panrannuanta, kantor Bupati Jeneponto, Senin (2/8/2021).

Dalam kesempatan itu, Sekertaris Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) provinsi Sulawesi Selatan DR. Syamsi Alang mensosialisasikan program Antar Kerja Antar Negara (AKAN) yang bertujuan menyerap tenaga kerja lokal untuk kemudian bekerja di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Asing (TKA).

Menurutnya, program tersebut sebagai bagian dari sosialisasi aturan perpanjangan kontrak Tenaga Kerja Asing (TKA) dan Retribusi berdasarkan Perda tentang TKA Kabupaten Jeneponto.

“Melalui program Antar Kerja Antar Negara (AKAN) ini, ada sekitar 18.000 orang dibutuhkan untuk bisa bekerja di luar negeri,” sebut Syamsi Alang.

Selanjutnya, Syamsi Alang Dinas juga menyampaikan mekanisme penempatan tenaga kerja di luar negeri yang resmi dari Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (UPT-P3TKI).

Selain itu, kata Syamsu Alang, sosialisasi ini penting dilakukan mengingat banyaknya kejadian penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal (tidak resmi) yang dilakukan oleh para calo.

“Sehingga sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman bahwa untuk menjadi tenaga kerja di luar negeri harus melalui jalur yang resmi dan legal,” terang Syamsu Alang.

Sementara, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menyambut baik program tersebut dengan meminta agar Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) provinsi Sulawesi Selatan bersedia memberikan sosialisasi sekali lagi dengan target peserta camat dan kepala desa/kelurahan se-kabupaten Jeneponto.

Iksan Iskandar langsung meminta Wakil bupati Paris Yasir segera membentuk tim untuk merealisasikan program tersebut.

“Saya berharap bapak wakil bupati segera membentuk tim bersama beberapa institusi terkait,” ujar Iksan Iskandar.

Sosialisasi tersebut dipandu oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Mustakbirin dan dihadiri Wakil bupati Jeneponto, Kepala OPD, Kabag dan Camat se-kabupaten Jeneponto. (Safar)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!