UPT SPF SD Inpres Sambung Jawa lll Pelaksanaan ANBK Berjalan Lancar

BN Online, Makassar–Hari Pertama simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2021, di UPT SPF SD Inpres Sambung Jawa lll yang berlokasi di Kecamatan Mamajang Kota Makassar, dengan mematuhi protokol kesehatan, Senin (15/11/2021).

ANBK adalah merupakan program Pemerintah pengganti UNBK sebagai penilaian terhadap mutu sekolah dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Saat dikonfirmasi awak media ini, melalui via Whats Appnya, Sabtu (20/11-22021), Fatmawati Naim, S.Pd mengatakan, bahwa siswa yang mengikuti simulasi ANBK berdasarkan hasil dari dapodik oleh Kementrian pendidikan bukan dari sekolah, serta pelaksanaan ANBK ini Alhamdulillah berjalan lancar dan aman.

“Data yang mengikuti Simulasi ANBK ini berdasarkan dari dapodik Kementrian bukan dari sekolah yang menentukan, serta secara keseluruhan siswa yang mengikuti simulasi atau ujicoba ANBK sebanyak 30 orang untuk kelas V, dengan cara swift, serta berlangsung selama 3 hari,” sebutnya.

Lanjut ia menjelaskan, program Pemerintah ANBK ini pengganti UNBK, dan ANBK merupakan program terhadap mutu sekolah. Asesmen Nasional juga di nilai berdasarkan hasil belajar murid.

Selain itu, “pengembangan kompetensi dan karakter murid merupakan sasaran utama dari asesmen ini, apalagi asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi yang akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar disekolah,” urainya

Ia juga berharap Agar sampai akhir pelaksanaan simulasi ANBK ini, dapat berjalan dengan lancar dan siswa yang mengikuti simulasi ini, dapat cepat memahami tentang Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang di laksanakan, kiranya simulasi ANBK ini para siswa dapat memahami serta mengerti proses jalannya program ini.

“Alhamdulillah pelaksanaan ANBK berlangsung selama seminggu, dilaksanakan dengan 3 gelombang, setiap gelombang terdapat 2 sesi, semua berjalan dengan lancar, semoga dalam pelaksanaan kedepannya lebih sukses demi peningkatan mutu pendidikan dan kesadaran orangtua meningkat pula tentang pendidikan,”ucap Fatmawati

Red.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!