BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Wilayah Sulsel Hingga Pekan Depan

BN Online, Makassar—BMKG Wilayah IV Makassar mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) selama 7 hari ke depan.

Menurut BMKG Kondisi tersebut akibat dari adanya Ex-Siklon Tropis Ellie.

Penyebabnya wilayah potensi cuaca ekstrem di Sulsel itu salah satunya Ex-Siklon Tropis Ellie,” ucap prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Asriani Idrus, dilansir dari akun Instagram Makassar Center, Rabu (4/1/2023).

Menurutnya, bibit Ex-Siklon Tropis Ellie ini dimulai sejak (22/12/2022) lalu.

Hal tersebut menyebabkan tekanan rendah yang ada di Australia Utara, meningkat menjadi Siklon Tropis.

“Nah punahnya itu sampai sekarang terpantau masih bertahan, masih aktif, makanya kami sebut Ex. (Namun) tekanannya masih termasuk rendah,” paparnya.

Kondisi tersebutlah yang menarik hampir semua massa udara menuju ke pusat tekanan.

Hal ini turut memicu kecepatan angin yang tinggi di wilayah Sulsel, hingga gelombang tinggi.

“Nah itu yang menyebabkan kami berikan peringatan dini terkait hujan lebat sama angin kencang plus gelombang tinggi,” tuturnya.

“Prakiraan tanggal 3-9 Januari 2023, hujan dengan intensitas lebat yang cenderung pada dini hari sampai pagi hari berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Selatan,” ucap Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Irwan Slamet dalam keterangan resminya, Senin (2/1/2023).

Irwan menjelaskan pemicu cuaca ekstrem itu dinamika atmosfer terkini menunjukkan indikasi adanya potensi peningkatan curah hujan di Sulsel.

Ex-Siklon tropis Ellie terpantau masih berada di Australia bagian barat mampu meningkatkan kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut di sepanjang daerah menuju pusat tekanan.

“Terdapat pertemuan arus angin (konvergensi) di sekitar Sulawesi Selatan menyebabkan penumpukan massa udara yang mendukung pertumbuhan awan hujan. Model cuaca menunjukkan kelembapan udara lapisan atas hingga ketinggian 700 mb dalam kondisi basah berkisar 70-100 persen,” jelas Irwan.

Cuaca ekstrem tersebut berpotensi terjadi di wilayah Sulsel bagian barat dan tengah. BMKG juga memperingatkan adanya potensi angin kencang di Sulsel bagian barat dan selatan.

“Masyarakat juga diimbau agar mewaspadai gelombang tinggi di perairan sekitar Sulawesi Selatan,” tegasnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *