Disdag Makassar Lakukan Pemantauan Harga Bahan Pokok di Pasar tradisional dan Modern  

BN Online, Makassar – Dinas Perdagangan (Disdag) Makassar telah melaksanakan pemantauan harga bahan Pokok (Bapok) di sejumlah Pasar tradisional dan Modern di Kota Makassar.

Selain pemantauan harga Bapok, Disdag juga telah melakukan sidak pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern yang ada di Makassar.

Kepala Bidang (Kabid) Standarisasi dan Perlindungan Konsumen Disdag Makassar, Wahyudin Ali Achmad mengatakan bahwa, pemantau harga bapok telah menyasar semua Pasar di Makassar.

Seperti, Pasar Sentral, Pannampu, Terong, Sawah, Parang Tambung, Pa’baeng-baeng, Sambung Jawa, Maricaya, Daya dan pasar Panakkukang.

“Adapun (toko modern yang disasar), Toko Hawa Baru, Hypermart, Lotte grosir Alauddin, Satu sama, dan Transmart Pengayoman,” tutur Wahyuddin, kepada awak media ini, Kamis (16/2/2023).

Wahyudin menuturkan bahwa, dari hasil sidak dan pemantauan harga bapok, baik di Pasar tradisional dan toko modern, ditemukan ada perbedaan harga.

“Kalau perbedaan (harga) itu sudah pasti ada, karena mungkin yang toko modern pajaknya ada dan besar,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Disdag Makassar, Arlin Ariesta mengatakan bahwa, Pemantauan harga bapok ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui perbedaan harga di tingkat pasar.

“Sebagai langkah komunikasi efektif kepada pedagang agar tidak menaikkan harga diatas harga keekonomian bahan pokok sekaligus memantau kelancaran rantai pasok bahan pokok sampai tingkat pengecer,” jelas Arlin.

Sekadar tahu, beberala unsur yang tergabung dalam Tim pemantau harga dan ketersediaan bahan pokok ini. Di antaranya, Disdag Makassar, Dinas Ketahanan Pangan.

Ada juga dari Kejaksaan Negeri Makassar, Polrestabes Makassar, Polres Pelabuhan Makassar, Satpol PP Makassar, Kodim 1408/BS, dan Perumda Pasar Makassar.(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!