Pelindo Regional 4 Gelar Pemeriksaan Gula Darah Gratis

BN ONLINE MAKASSAR–PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 kembali mengadakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yakni pemeriksaan kesehatan gratis khususnya bagi masyarakat di Kelurahan Cambaya, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar.

Pemeriksaan gratis yang bekerja sama dengan Puskesmas Patingaloang ini dilaksanakan di Dermaga Nelayan Kelurahan Cambaya pada Selasa (31/10/2023).

Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 4, Basri Alam mengatakan, Bina Lingkungan merupakan salah satu konsen pihaknya dalam Program TJSL perusahaan. “Selain juga Pendidikan dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM.”

Kesehatan masyarakat menurut dia, merupakan bagian dari Program TJSL Perusahaan bidang Bina Lingkungan.

Sebab kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan, dan pembangunan ekonomi.

Basri menuturkan, dalam kegiatan kali ini pihaknya melakukan pemeriksaan gula darah dan kesehatan umum gratis kepada sebanyak 34 orang masyarakat di Kelurahan Cambaya.

“Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa mayoritas dari masyarakat mengalami gangguan kering pada mata, yang dipicu oleh cuaca panas akibat fenomena El Nino yang masih berlangsung,” ujar dia.

Selain itu juga teridentifikasi masalah kulit gatal yang disebabkan oleh kekurangan pasokan air bersih akibat kemarau yang melanda hampir seluruh wilayah Kota Makassar.

Dia berharap program pemeriksaan kesehatan gratis ini bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di Kelurahan Cambaya.

Sementara itu, Lurah Cambaya Andi Rosniati mengungkapkan bahwa program pemeriksaan kesehatan gratis ini penting bagi masyarakat.

“Selain memberikan akses kepada layanan kesehatan, kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk memberikan pemahaman akan pentingnya gaya hidup sehat, terutama bagi masyarakat pesisir di wilayah Kelurahan Cambaya,” tukasnya.

Pihaknya berterima kasih kepada Pelindo yang sudah berinisiatif memfasilitasi kegiatan ini dan dia berharap program ini akan terus berkelanjutan. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!