Amanda Syahwaldi. S.STP. MM Sekcam Ujung Tanah Turut Mengikuti PKA Angkatan VII dan VIII

BN ONLINE MKASSAR–Sekcam Ujung Tanah Amanda Syahwaldi. S.STP. MM mengikuti Pameran dan Seminar Implementasi Aksi Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan VII dan VIII yang di gelar di Auditorium Sultan Hasanuddin Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan, Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (Puslatbang KMP LAN RI)
Makassar, Rabu (08/11/2023).

Sebanyak 80 orang peserta PKA Angkatan VII dan VIII memamerkan proyek aksi perubahan yang telah dibuat di masing-masing booth.

Di booth Aplikasi PAKINTAKI RONG (Penerapan Aplikasi Digital Kewaspadaab Dini lorong ),Sekcam Amanda menjelasakan secara detail mengenai Aplikasi Pakintaki Rong kepada tim penguji dan para pengunjung pameran tersebut.

Tujuan utama dari penerapan aplikasi digital kewaspadaan dini lorong adalah meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap berbagai risiko atau potensi bahaya yang mungkin terjadi di lorong-lorong di kecamatan Ujung Tanah.

Dengan adanya aplikasi digital, informasi mengenai risiko bisa disampaikan dengan cepat dan lebih efektif kepada warga mengingat Kecamatan Ujung Tanah merupakan kecamatan yang cukup rawan bencana seperti kebakaran maupun tindak kriminal.

Meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap darurat bencana, untuk mendapatkan informasi real time pada setiap kejadian darurat termasuk evakuasi, pelaporan cepat ke instansi terkait distribusi bantuan, sebagai edukasi bagi warga di lorong.

Terciptanya lingkungan lorong yang aman, kecepatan respon warga lorong terhadap situasi darurat, promosi kesadaran lingkungan serta meningkatkan partisipasi publik dalam hal kewaspadaan dini.

Meminimalisir dampak ekonomi pasca bencana, pengembangan kapasitas Pemerintah Kecamatan Ujung Tanah, data yang terkumpul pada aplikasi digital kewaspadaan dini dapat menjadi sumber penelitian dan inovasi lebih lanjut dalam bidang mitigasi bencana.(**)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!