Apel Gelar Pasukan, untuk Antisipasi Penanganan Bencana di Sulsel, Satuan Brimob Hadirkan Dapur Lapangan

BN Online, Makassar – Memasuki musim penghujan tentunya akan ada beberapa daerah yang akan terdampak bencana seperti banjir dan tanah longsor, Untuk itu Batalyon A Pelopor ikut serta dalam pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapsiagaan Penanganan Bencana diwilayah Provinsi Sulawesi Selatan, Ahad (15/11/2020). pagi
Apel Gelar Pasukan dipimpin langsung oleh Gubernur Sulsel Prof. Dr. Ir. H.M. Nurdin Abdullah, M.Agr dengan dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulsel dan kota Makassar, serta instansi terkait tanggap bencana, seperti BPBD, Satpol PP, DLHK, Kesbangpol, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial
Dalam sambutannya Gubernur Nurdin Abdullah mengatakan saat ini kita harus waspada mengingat informasi dari diprediksi pada akhir dan awal tahun akan terjadi cuaca ekstrim curah hujan yang tinggi dan angin kencang yang berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor maka dari itu persiapan yang matang sangat diperlukan peralatan yang kita miliki tidak perlu disiapkan agar betul-betul bisa digunakan pada saat yang diperlukan.
“Kita harus selalu waspada menginat prediksi awal dan akhir tahun akan terjadi cuaca ekstrim, maka dari itu persiapan yang matang sangat diperlukan sehingga betul betul siap untuk diperlukan.” Ujar Gubernur Sulsel.
Diakhir pelaksanaan apel gelar pasukan, Gubernur Nurdin Abdullah yang didampingi Kapolda Sulsel Irjen Pol Drs. Merdisyam, M. Si dan Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka dan jajaran Forkopimda Provinsi Sulsel dan Kota Makassar mengecek secara langsung baik itu personel maupun peralatan.
Disela – sela pengecekan peralaran Gubernur Sulsel didampingi Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis mecoba masakan dari Kendaraan Dapur Lapangan yang dipamerkan dalam kegiatan apel tersebut.
Selain itu, Dansat Brimob juga memperkenalkan kendaraan yang didesain khusus untuk keperluan rapat yang dilengkapi dengan jaringan internet sehingga dapat digunakan untuk kegiatan teleconference dimanapun berada.
Komandan Batalyon A Pelopor AKBP Darminto yang juga bertindak sebagai perwira apel menuturkan Kegiatan Apel siaga bencana ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan anggota dalam mengantisipasi bencana yang terjadi di Sulsel Khususnya Kota Makassar termasuk sarana dan prasana yang dimiliki.
“Cuaca saat ini tidak menentu, Sehingga perlu persiapan dan sigap terhadap bencana yang akan terjadi, terlebih untuk pertolongan sehingga Apel Gelar Pasukan ini digelar untuk mengetahui kesiapan baik itu personel maupun sarana dan prasarana yang dimiliki dalam mengantisipasi bencana alam.” tutur Darminto.
Darminto juga mengungkapkan bahwa sebagai wujud bhakti brimob untuk masyarakat, Tantangan tugas kedepan akan semakin kompleks maka dari itu diharapkan kesiapsiagaanan personel dan perlengkapan, kapanpun dan dimanapun harus selalu siap.
“Sebagai wujud bhakti brimob untuk masyarakat diharapkan kesiapsiagaan personel dan perlengkapan harus selalu siap kapanpun dibutuhkan ” Ucap Darminto.
Dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam Muhammad Anis juga berpesan kepada Bintara Remaja Satbrimob Polda Sulsel untuk terus berlatih kamapuan SAR agar siap dioprasionalkan kapanpun.
Setelah memberikan arahan kepada seluruh Personel, Dansat Brimob Polda Sulsel segera melakukan pengecekan terhadap semua Peralatan SAR yang ada baik itu kendaraan Operasional,Perahu karet, Baju Pelampung, mesin Air, Perlengkapan perorangan Serta peralatan pendukung lainnya.
Dilokasi yang sama Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis menekankan pentingnya kesiapsiagaan personel dan peralatan pendukung dalam menghadapi situasi Darurat.
“Termasuk ini agar alat-alat kita ini betul-betul bisa mendukung sepenuhnya, dapat digunakan pada saat yang diperlukan. Baik alat untuk sifatnya pertolongan, maupun alat-alat atau perlengkapan lain yang digunakan untuk operasi kemanusiaan seperti tenda, alat angkut bahkan untuk pencarian,” ujar Muhammad Anis.
“Kesiapan personel dan alat pendukung perlu dilakukan, Pasalnya, setiap personel nantinya akan mengemban tugas yang berat, personel dan perlengkapan harus benar – benar siap sehingga dalam pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga tercapai wujud bhakti brimob untuk masyarakat”. Pungkas Anis. (Mk)
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.