SMA Negeri 4 Makassar Lolos Sebagai Sekolah Penggerak, Program Kemendikbud Ristek RI

BN Online, Makassar--Dalam rangka mewujudkan komitmen untuk meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik di seluruh Indonesia, Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan menciptakan inovasi-inovasi pembelajaran melalui Program Sekolah Penggerak. Sabtu (12/-6-2021).

UPT SMA Negeri 4 Makassar mengikuti pembekalan sebagai salah satu peserta Sekolah Penggerak, Makassar, Sulsel, dari Kepala Sekolah Berprestasi.

H. Syafruddin, S.Pd, M.Pd selaku Kepala UPT Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA), mengatakan, yang Lolos Program Sekolah Penggerak, merupakan Program Kemendikbud Riset dan Tekhnologi RI.

“Dalam hal ini, UPT SMA Negeri 4 Makassar mengikuti Diklat selama 10 hari dari ttanggal 9 – 19 Juni 2021 sebagai salah satu peserta Sekolah Penggerak secara Virtual,” urainya.

Lanjutnya, selain kepala sekolah, Diklat Komite Pembelajaran Sekolah Penggerak juga diikuti oleh 11 orang guru, yang nanti akan berbagi informasi dengan guru lainnya melalui IHT (In House Training) tentang Kurikulum Sekolah Penggerak.

Harapan kami, “setelah mengikuti Diklat bersama guru yang tergabung dalam komite pembelajaran dapat memahami esensi dari Pendidikan yang Memerdekakan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila, yaitu, 1).Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, 2). berkebhinekaan global, 3) bergotong royong, 4) mandiri, 5) bernaklar kritis dan 6) kreatif,” imbuhnya.

Selain itu, program Sekolah Penggerak secara umum berfokus pada pengembangan SDM sekolah, mulai dari siswa, guru, sampai kepala sekolah. Kualitas siswa diukur melalui pencapaian hasil belajar di atas level yang diharapkan dengan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, inklusif, dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.