Laporan Kegiatan Kerja Bakti di Kecamatan Ujung Tanah Makassar

BN Online, Makassar—-Ibrahim Chaedar Said, S.IP., M.Si. dalam kesempatan ini, dalam hal laporan kegiatan lingkup kecamatan Ujung Tanah kota Makassar, sebagai berikut. Sabtu (18/09/21)

A.Latar Belakang :
Kecamatan Ujung Tanah terdiri dari 9 (sembilan) Kelurahan dengan jumlah penduduk 33.352. jiwa yang penduduknya begitu padat dan aktifitas masyarakat terutama dilingkungan pesisir di tambah beberapa titik pemukiman kumuh yang mengakibatkan prodoktifitas sampah meningkat sehingga menjadi masalah tersendiri yang membutuhkan perhatian khusus.

Disisi lain pola pikir masyarakat yang masih rendah dan sarana dan prasarana lingkungan yang masih memerlukan pembangunan infrastruktur yang memadai, terlebih lagi kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan khususnya membuang sampah.

Kondisi ini pula di perparah dengan volume sampah kiriman yang mengakibatkan pendangkalan drainase, sehingga lingkungan menjadi tidak sehat.

Faktor lain adalah tingkat pendidikan masyarakat dibawah rata-rata sehingga pola fikir mereka sangat kurang. Untuknya itu perlu selalu mengadakan pendekatan dan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengajak warga untuk selalu menjaga lingkungan khususnya masalah kebersihan dan keindahan, dalam bentuk kerja bakti.

B.Bentuk Kegiatan :

  1. Kerja Bakti Bersih-Bersih Lingkungan.
  2. Bersih-bersih pekarangan rumah.
  3. Pendekatan dan Kunjungan ke Rumah warga.

C.Maksud dan Tujuan :

  • Maksud dari kegiatan ini adalah memberikan contoh dan mengajak warga Kecamatan Ujung Tanah khususnya untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan dan cara bersih-bersih lingkungan dititik tertentu dan disekitar rumah
    masing-masing.
  • Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pola pikir masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

D.Waktu dan Tempat :

  • Waktu : Hari Sabtu
  • Tanggal : 18 September 2021
  • Tempat : 1.JI.Sabutung Baru Kecamatan Ujung Tanah, 2.Se- Kelurahan Kec.Ujung Tanah, 3.Sekitar rumah masing-masing.

E.Jumlah Orang Yang Terlibat :

  • Jumlah orang yang terlibat 70 Orang.

F. Banyaknya Sampah Yang di Angkut :

  • Jumlah sampah yang terkumpul sebanyak 29 Kubik Sampah untuk 9 Kelurahan.
  • Jumlah sampah yang masih dapat dimanfaantakan sebanyak 8,2 KG sampah plastik

G.Penutup :

Sehubungan hal tersebut diatas dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat memberikan manfaat buat warga masyarakat Kecamatan Ujung Tanah dan dapat menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, sehat dan aman serta dapat merubah pola fikir yang masyarakat sadar dan punya kepedulian masalah kebersihan. (Hms/Andis)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.