Tim Asesor Akreditasi Perpustakaan Nasional Sambangi UPT SPF SD Hangtuah Makassar

BN Online, Makassar–Tim Asesor Akreditasi Perpustakaan Sekolah dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, sambangi Perpustakaan UPT SPF SD Hangtuah Makassar, Jl.Serdako Usman Ali No.4, Totaka, Kec.Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (06/10/2021).

Adapun tim yang datang adalah Darwanto dan Eko Sutarco didampingi pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Amriana dan Siti Aliah. Bersama rombongan juga Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Tenri Palallo, serta beberapa pustakawan Makassar.

Selain itu, tim disambut oleh guru-guru dan Kepala UPT SPF SD Hangtuah. Selama kunjungan di UPT SPF SD Hangtuah, tim mendapat penjelasan tentang perkembangan dan pengelolaan Perpustakaan Gerbang Ilmu, yang berada di sisi barat kompleks sekolah, dari Kepala UPT SPF SD Hangtuah, Arpin, S.Pd dan Kepala Perpustakaan Gerbang Ilmu.

Dalam hal penilaian komponen akreditasi perpustakaan sekolah, antara lain mencakup sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, serta penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan.

Sebelum tim turun melakukan verifikasi lapangan, pihak sekolah mempresentasikan kesiapannya mengikuti akreditasi perpustakaan di Dinas Perpustakaan Kota Makassar, yang dihadiri langsung Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Selain itu, juga disampaikan inovasi-inovasi yang dilakukan, antara lain Bunda Pustaka, kartu perpustakaan daur ulang (Kardus), gerakan membaca riang (Gerbang Ilmu), Duta Baca, ini buku digital (i-BuDi) dan perpustakaan online yang menggunakan aplikasi S Lime.

Guru-guru UPT SPF SD Hangtuah terlihat antusias sekolahnya mendapat kunjungan dari Tim Asesor Akreditasi Perpustakaan Sekolah. Penggiat literasi dan pendamping minat bakat di UI UPT SPF SD Hangtuah.

Pada 2021 ini, ada 15 sekolah yang mengikuti program Sentuh Pustaka dari Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Namun, hanya 10 sekolah yang siap diakreditasi. Dari 10 sekolah itu, 4 sudah mendapat penilaian berdasarkan portofolia yang dilakukan secara daring, sedangkan 6 sekolah divisitasi langsung oleh tim.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Andi Tenri Palallo, telah mencanangkan, pada 2023 tiap sekolah sudah memenuhi standar akreditasi perpustakaan. Karena itu bagian dari program Sentuh Pustaka, salah satu program inovasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Arpin menambahkan, sebagai penutup, berharap agar perpustakaan aneka ilmu UPT SPF SD Hang Tuah Makassar dapat terakreditasi tahun ini.tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.