DPRD & Pemkot Makassar Luncurkan Aplikasi e-RO’TA

BN Online, Makassar—DPRD dan Pemkot Makassar meluncurkan aplikasi e-Reses oleh Kita (e-RO’TA) di Hotel Gammara Makassar, Kamis (22/09/2022). Peluncurannya bersamaan dengan diskusi publik dengan tema ‘e-RO’TA Wujudkan Makassar Sombere dan Smart City’.

Sekretaris DPRD Makassar, Dahyal, mengatakan aplikasi e-RO’TA bisa diakses seluruh masyarakat Makassar dalam menyalurkan pokok pikiran (pokir) anggota dewan melalui aplikasi mobile.

“Jadi kelebihan eRO’TA ini, kita menggunakan satu aplikasi yang mana aplikasi itu bisa akses seluruh masyarakat,” kata Dahyal dalam sambutannya.

Menurutnya, reses yang dilakukan anggota dewan dinilai belum bisa menjangkau seluruh masyarakat. Sebab, reses cuma diadakan selama tiga kali dalam satu tahun dan titik pelaksanaannya juga terbatas.

Melalui aplikasi ini nantinya masyarakat bisa ikut berpartisipasi. Warga yang tidak bisa menyampaikan aspirasinya secara langsung saat reses anggota dewan, bisa menyampaikan usulannya melalui aplikasi eRO’TA.

“Sehingga pelibatan masyarakat ini, kurang bisa maksimal. Nah, dengan aplikasi ini maka masyarakat bisa berpartisipasi secara aktif. Contoh, misalnya, orang di Kecamatan Biringkanaya atau orang di pulau, tanpa mengikuti reses anggota dewan bisa menyampaikan aspirasinya,” terang Dahyal.

Dahyal menambahkan, masyarakat bisa memberikan kritik ataupun saran terhadap aplikasi e-RO’TA. “Aplikasi ini tidak berhenti sampai di sini saja, teman-teman juga bisa memberikan masukan terhadap kekurangan yang ada di aplikasi tersebut,” tambahnya.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Makassar, Mario Said, mengatakan aplikasi ini bisa memudahkan masyarakat yang ingin memberikan saran ataupun pendapat kepada anggota DPR.

“Tentu melalui inovasi e-RO’TA ini masyarakat bisa dengan mudah melalui smartphone-nya dapat mengusulkan, memantau, merealisasikan, dan menjadi pokok-pokok pikiran anggota DPR apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” bebernya.

Dia juga mengajak media dan pemerhati kebijakan publik untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mewujudkan Makassar yang lebih baik lagi.

“Saya mengajak teman media dan semua pemerhati kebijakan publik untuk bersinergi dan bekerjasama dengan pemerintah atas apa yang bisa dikerjasamakan atau disinergikan dengan Pemerintah Kota Makassar,” ucapnya.(*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.