Wujudkan Makassar Low Carbon City, Dinas PU Bangun Kantor Lurah Tompo Balang, Dilengkapi Solar Panel Kapasitas 3 Ribu Watt

BN Online, Makassar—Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar telah merampungkan pembangunan Kantor Lurah Tompo Balang yang hangus dilalap api pada Oktober 2022 lalu.

Anggaran pembangunan Kantor Lurah Tompo Balang Kecamatan Bontoala sebesar Rp3 miliar yang bersumber dari APBD 2023 di Dinas PU Kota Makassar.

Kepala Dinas PU Kota Makassar Zuhaelsi Zubir menyampaikan Kantor Lurah Tompo Balang akan menjadi percontohan untuk pembangunan kantor lurah ke depan.

Selain dibangun setinggi tiga lain lengkap dengan aula atau ruang pertemuan, Kantor Lurah Tompo Balang juga sudah dilengkapi dengan Solar Panel sebagai bentuk dukungan Makassar menuju Low Carbon City.

“Jadi Kantor Lurah Tompo Balang ini nanti akan menjadi percontohan untuk penerapan solar panel di kantor kelurahan yang ada di Makassar,” kata Elsi sapaan akrabnya, baru-baru ini.

Kepala Bidang Prasarana dan Bangunan Gedung Dinas PU Hajar Aswad mengatakan solar panel yang dipasang di Kantor Lurah Tompo Balang memiliki kapasitas daya 3 ribu watt.

“Kantor lurah ini (Tompo Balang-Bontoala) sudah menggunakan solar panel dan itu sudah terpasang tinggal peresmian. Kapasitasnya 3 ribu watt,” ujar Hajar Aswad.

Kantor Lurah Tompo Balang dibangun setinggi tiga lantai. Yaitu, lantai pertama merupakan ruang pelayanan, lantai dua ruang pegawai, dan lantai tiga adalah aula atau ruang pertemuan.

Selain itu, Kantor Lurah Tompo Balang pun juga dilengkapi dengan video trone yang nantinya akan menampilkan aktivitas pelayanan publik di kantor kelurahan.

“Kita saat ini sementara konsultasi sama pak wali kota kapan ada waktu beliau untuk meresmikan gedung baru ini,” tutupnya.(*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!