Kelompok Pengajian PKK Barru Tambah Ilmu Tata Cara Selenggarakan Jenazah

BN Online, Barru— Geliat Keagamaan di Barru terus diparadekan oleh Tim Penggerak PKK Barru dengan Kelompok Pengajian Nurul Huda yang dipimpin oleh drg. Hj. Hasnah Syam, MARS.
Kali ini, bertempat di Mushallah Kantor Bupati Barru, sekira 40-an anggotanya diberikan pemahaman tata cara penyelenggaraan jenazah sesuai syariah, oleh Kyai Muda Drs. Azis Bulang, M.Pd, Kamis (6/5/2021).
Hasnah Syam menginisiasi pelatihan ini, untuk memberikan panduan sesuai syariah untuk memahami salah satu kewajiban Umat Muslim kepada Umat Muslim lainnya yang terlebih dahulu berpulang ke Rahmatullah.
“Ini untuk memasyarakatkan bagaimana Islam memperlakukan jenazah, dan bagaimana kita sendiri mengurus jenazah utamanya jika ada keluarga dekat yang meninggal dunia, pelatihan ini nantinya akan kita lakukan sampai ke kelompok pengajian yang ada di Kecamatan dan Desa,” sebut Hasnah Syam yang selama ini bahu membahu dengan strukturalnya mengkampanyekan “Nafas Keagamaan Daerah” dalam beragam bentuk program kegiatan.
Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh sanak keluarga dalam fikih jenazah diuraikan dengan detail beserta praktek langsung sejak memandikan, mengkafani, menshalati, hingga siap dikebumikan.
Selain itu, beberapa amaliyah atau hal-hal yang dilakukan oleh masyarakat ketika seseorang menjelang kematian hingga ke penguburan dikuasai habis disertai dengan dalilnya.
“Mayit harus diperlakukan dengan baik, ada etikanya, dan pelatihan ini agar sesuai dengan tuntunan syariah sehingga kita tidak ragu dan bimbang dengan hal-hal yang sekiranya bermanfaat, baik bagi kesempurnaan menyelenggarakan jenazah atau bagi orang sekitarnya yang akan selenggarakan jenazah,” pungkas Legislator Senayan.
Apalagi, Mentor yang dihadirkan memiliki kualifikasi mumpuni serta dengan cermat membagikan pengetahuan, kepada setiap peserta yang tergabung dalam Kelompok Pengajian PKK Nurul Huda.(HMS/M.Kadri)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!