Kadis Kominfo Jeneponto Ikuti Launcing Program Literasi Digital Nasional

BN Online, Jeneponto–Kepala Dinas Kominfo Jeneponto Manrancai Sally menghadiri Launching Program Literasi Digital Nasional di ruang rapat bupati secara virtual, Kamis (20/5/2021).
Program kolaborasi antara kementerian informasi dan teknologi (kemkominfo), kementrian dalam negeri (kemendgari), serta kementrian pendiddikan riset dan teknologi itu mengangkat tema Indonesia Makin Cakap Digital.
Peluncuran Program yang terbilang revolusioner itu bertepatan dengan hari kebangkitan nasional ke-113 tahun.
Menteri pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi Nadim Anwar Makarim dalam sambutannya menyampaikan bahwa ada empat pilar dalam program literasi digital yakni digital skill, digital culture, digital ethics dan digital safety.
“Program ini merupakan tindak lanjut arahan presiden tentang pengembangan digital nasional. Literasi digital bertujuan untuk memastikan setiap anak bangsa mampu menikmati internet dengan maksimal dan bijak,” kata Nadim.
“Selama pandemi Covid-19, transformasi digital berlangsung lebih cepat. Empat pilar literasi tersebut membantu dalam peningkatan pemahaman masyarakat di ruang digital,” sebut Nadim.
Sementara itu, Menteri Kominfo Johnny G. Plate menjelaskan bahwa momentum launching/peluncuran program literasi digital yang bertepatan dengan hari kebangkitan nasional itu merupakan kegiatan daring(dalam jaringan) terbesar di Indonesia.
Dia mengklaim bahwa setidaknya 350.000 orang hadir secara virtual termasuk unsur dinas kominfo sebanyak 514 kabupaten/kota.
Melek digital, lanjut Johny, merupakan sebuah keniscayaan, setiap anak bangsa berhak dalam menggunakan internet secara bijak dan benar.
“Di era sekarang dan masa-masa yang akan datang, banyak hal mesti dilakukan dengan cara-cara digital dan tidak lagi konvensional, setiap anak bangsa harus mampu berpacu dengan zaman,” ujar Johny.
Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam arahan mengatakan bahwa Literasi digital adalah kerja besar perlu dukungan seluruh komponen bangsa.
“Program ini harus terus menggelinding serta membesar di semua lini baik pusat maupun daerah, banjiri internet dengan konten yang kreatif, produktif, menyejukkan dan menyeru kedamaian,” ujarnya
Usai ikuti rapat virtual, Kepala Dinas Kominfo kabupaten Jeneponto Manrancai menyebut bahwa ke depan teknologi haruslah mampu mendorong akselerasi dan lompatan-lompatan kemajuan dengan syarat teknologi dipakai secara benar dan tepat sasaran.
“Internet ini harus dimanfaatkan untuk membuat loncatan-loncatan kemajuan termasuk dalam sektor ekonomi masyarakat. InsyaAllah besok Diskominfo Jeneponto bekerjasama dengan balai yang ada dimakassar akan membuat pelatihan ekonomi berbasis digital dengan merekrut 50 UMKM,” pungkasnya.(Agussalim)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published.