DLH Jeneponto Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah, Ini Tujuannya!

BN Online, Jeneponto–Pemerintah Kabupaten Jeneponto melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar sosialisasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Ruang Pola Panrannuanta, Kamis. (27/5/2021)
Sosialisasi tersebut sebagai upaya menjadikan Jeneponto sebagai daerah yang sehat, bersih bebas sampah.
Oleh karena itu, Pemkab Jeneponto melalui dinas lingkungan hidup mengajak Forkopimda, Camat, Lurah, Kepala desa, pelaku usaha serta stakeholder untuk memfasilitasi, mengembangkan dan melaksanakan penanganan pemanfaatan sampah di wilayahnya masing-masing.
Kepala Dinas lingkungan hidup M. Basuki Baharuddin, SE dalam laporan menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi itu merupakan upaya pembekalan secara teoritis sekaligus praktek kepada para peserta dalam pengolahan sampah berbasis masyarakat.
“Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan UU, Perpres dan Perbup dengan harapan para peserta terbekali secara teori dan praktek dalam mengelolah sampah di wilayah atau instansi masing-masing,” jelas Basuki.
Ia juga menyebut bahwa pada pelaksanaannya pemerintah telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memfasilitasi penyediaan sarana dan prasarana termasuk kesiapan kendaraan pengangkut sampah.
“Pemkab telah memiliki banyak armada pengangkut, beberapa kelurahan dan desa juga sudah dibentuk Bank sampah dengan berbagai macam kegiatan pengolahan sampah,” sebut Basuki.
Sementara itu, Bupati Drs. H. Iksan Iskandar M.Si dalam sambutannya mengapresiasi serta mengajak seluruh peserta agar bahu-membahu dalam menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan bebas sampah.
“Kegiatan ini sangat baik, untuk itu saya mengajak kepada seluruh yang hadir agar berkontribusi dan menjadi pioner dalam mengelolah sampah di wilayah atau instansi masing-masing,” ucap Iksan Iskandar.
Pada kesempatan itu, Bupati Iksan Iskandar memberikan penghargaan kepada beberapa instansi dalam upaya pengolahan sampah yakni Kodim, Polres.
Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Bank Sampah Appakabaji Desa Kayu Loe Timur,Bank Sampah Jeka Empoang, Bank Sampah Desa Barana, Bank Sampah Desa Tonrokassi Timur, Bank Sampah Desa Borong Tamalatea dan Bank Sampah Desa Biringkassi
“Sebagai wujud kebersamaan dalam menciptakan lingkungan yang baik, sehat, bersih dan bebas sampah semua pihak harus terlibat,” tutup Iksan Iskandar.
Sosialisasi yang diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup tersebut dihadiri Dirut PT. Bayu Energy Jeneponto, Dandim 1425 Jeneponto, Wakapolres Jeneponto, Camat, Lurah, Kepala desa dan pegiat lingkungan. Adapun total peserta sosialisasi sebanyak 50 orang dari 11 kecamatan.(Agussalim)
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!