UPT SPF SDN Mongisidi III Makassar Utus Tiga Guru Untuk Workshop Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar

BN Online, Makassar—Dalam proses pembelajaran di satuan pendidikan, kurikulum adalah komponen yang penting dalam memberikan arah jalannya proses pembelajaran serta arah tujuan capaian pembelajaran.  Oleh karena itu, kurikulum selain menjadi acuan juga perlu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pendidikan nasional.

Kurikulum Merdeka Belajar merupakan suatu kurikulum pembelajaran yang mengacu pendekatan bakat dan minat siswa. Peserta didik dapat memilih materi apa saja yang ingin dipelajari sesuai bakat dan minatnya. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Maka itu pihak UPT SPF SDN Mongisidi III mengutus 3 guru untuk mengikuti workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka yang diadakan oleh KKG (Kelompok Kerja Guru) Gugus 2 Kecamatan Makassar.

Workshop ini dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 29 Juni – 1 Juli 2022 yang diisi oleh Varianti Kadiaman, S.Pd selaku Kepala SD Pundarika yang termasuk salah satu guru Penggerak tingkat nasional.

Dimana hari pertama diadakan di UPT SPF SDI Mongisidi dengan materi Pembuatan Jadwal Pembelajaran, hari kedua dilaksanakan di UPT SPF SDN Unggulan Mongisidi I dengan materi Assesmen Pembelajaran dan Raport Kurikulum Merdeka dan hari terakhir dilaksanakan di SD Pundarika dengan materi penyusunan Modul Ajar sekaligus penutupan workshop.

Menurut Syurawahyuni sebagai pengurus KKG gugus 2 yang merupakan salah satu guru dari SD Mongisidi III agar pada saat tahun pelajaran baru guru kelas dan guru mata pelajaran sudah siap mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di sekolah masing-masing.

“Dengan adanya Workshop ini bisa di implementasikan kurikulum agar bisa beradaptasi ” harapnya

Sementara itu, saat dikonfirmasi awak media ini, Jumat (1/7/2022), H. Andi Selle, S. Pd Selaku Plh. Kepala UPT SDN Mongosidi III Makassar mengutarakan untuk berkonsentrasi menyongsong Kurikulum Merdeka demi kualitas pendidikan yang lebih baik lagi, agar untuk bersaing dengan sekolah-sekolah lain.

“Program ini untuk lebih memacu semangat bapak ibu guru UPT SDN Mogosidi III untuk menciptakan manusia-manusia unggul untuk kemajuan pendidikan “. Ucapnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.