Semester I Periode Januari-Juni 2022, Realisasi Investasi Makassar Rp2,43 Triliun

BN Online, Makassar—Realisasi investasi Kota Makassar semester I periode Januari-Juni 2022 mencapai Rp2,43 triliun dari target Rp8 triliun lebih.

Makassar peringkat pertama realisasi investasi di Sulawesi Selatan (Sulsel). Disusul Kabupaten Luwu Timur dengan realisasi Rp1,42 triliun.

“Realisasi investasi Kota Makassar Rp2,43 triliun, 37 persen menopang investasi provinsi,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM PTSP) Makassar, Andi Zulkifli Nanda, Kamis (4/8/2022).

Berdasarkan data dari Dinas PM PTSP Makassar, realisasi investasi Makassar didominasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yakni 89,9 persen atau Rp2,19 triliun.

“Kalau kita lihat data investasi kita didominasi dari dalam negeri, kalau modal asing itu hanya Rp240 miliar,” tuturnya.

Zulkifli mengatakan ada lima sektor penyumbang investasi di Makassar. Terbesar sektor hotel dan restoran mencapai Rp1,08 triliun.

Posisi kedua sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran Rp429,38 miliar. Ketiga, sektor konstruksi Rp375,19 miliar.

Kemudian, di posisi keempat sektor transportasi, gudang, dan telekomunikasi Rp181,74 miliar, dan posisi kelima sektor jasa lainnya Rp94,38 miliar.

Dia menjelaskan realisasi investasi bersumber dari Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) yang dilaporkan pengusaha setiap tiga bulan yang dapat diakses melalui OSS.go.id.(*)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!