UPT SPF SDI Batua I Makassar Gelar Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan.

BN Online, Makassar—UPT SPF SD Inpres Batua I yang terletak di Kecamatan Manggala Kota Makassar rmenggelar kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di sekolah. Oleh karena itu, ekstrakurikuler pramuka merupakan ekstrakurikuler yang banyak peminatnya dari siswa.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan potensi, bakat, minat, kemampuan, kepribadian, kerjasama, dan kemandirian peserta didik secara optimal dalam rangka mendukung pencapaian tujuan pendidikan.

Siswa pramuka berbaris rapi untuk pembukaan kegiatan esktrakurikuler tersebut yang dibuka Kepala UPT SPF SDI Batua I, Hijrah Nurja Husmal, S. Pd, dan ia menyampaikan, harus selalu bisa berpestasi dalam mengisi hari-hari belajarnya. Siswa tidak boleh bermain-main selama belajar. dalam ekstrakurikuler kepramukaan anak-anak diajarkan untuk hidup mandiri, disiplin, bermanfaat, dan cara bertahan hidup di alam maupun di masyarakat.

“Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan ini adalah salah satu ektrakurikuler yang rutin di laksanakan setiap hari Sabtu, ini tidak menyurutkan semangat guru dan peserta didik untuk terus berlatih dan mempelajari materi,” jelasnya Sabtu (01/10/2022).

Hijrah menambahkan, Pendidikan Kepramukaan adalah proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai nilai kepramukaan bagi siswa di Satuan Pendidikan. Gerakan Pramuka adalah organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan kegiatan–kegiatan melalui di lingkungan sekolah Setiap hari sabtu setelah senam bersama lalu kerja bakti setelah itu di laksanakan ekskul mulai dari kelas 1 hingga kelas ,” urainya.

Diantaranya, Pramuka, Menari kreasi dan adat, Drambend, Menggambar kls 4-6, Mewarnai gambar dan kelas1-3, Menggunakan alat musik, dan Mengaji, sebagai upaya memperkuat proses pembentukan karakter bangsa yang berbudi pekerti luhur sesuai dengan nilai dan moral Pancasila. Pendidikan Kepramukaan dinilai sangat penting.

“Melalui pendidikan kepramukaan akan timbul rasa memiliki, saling tolong menolong, mencintai tanah air dan mencintai alam. Karenanya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewajibkan setiap sekolah melaksanakan ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan,” tutup Hijrah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *