Pelaksanaan ANBK TP 2022, di UPT SPF SD Inpres Perumnas Makassar Berjalan Lancar

BN Online, Makassar—-Semangat tinggi ditunjukkan oleh para siswa didik kelas V, di UPT SPF SD Inpres Perumnas, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar, di hari pertama kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Tahun Pelajaran (TP) 2022.

Tampak dalam ANBK tersebut, pada gelombang ke 2, dibagi menjadi 2 sesi yakni Sesi pertama 15 peserta, kedua 15 peserta, jumlah keseluruhan siswa sekitar 30 peserta. Sementara untuk suksesnya kegiatan tersebut dinahkodai oleh dua orang guru dari selaku proktor, teknisi dan pengawas, dimulai pada Kamis, (26/10/2022), hingga Jumat (27/10/2022), berlangsung selama 2 hari.

Saat dikonfirmasi awak media ini, Sabtu (05/11/2022), Kepala UPT SPF SDI Perumnas, Arfai, S. Pd, M. Pd, mengatakan,, tujuan ANBK tersebut untuk menentukan rapor mutu pendidikan sekolah. Jadi kualitas dan kuantitas sekolah itu bisa dilihat dari akhir ANBK.

“Dimana secara garis besar tujuan umum ANBK tersebut merupakan upaya dari penilaian terhadap sekolah. “Melalui ANBK ini, kita dapat mengetahui keberhasilan sekolah,” jelasnya.

Arfai, S. Pd, M. Pd, menambahkan, tujuan ANBK tersebut juga untuk peningkatan pemahaman anak-anak di literasi maupun numerasi. Yang mana numerasi dimaksud pemahaman siswa terhadap sesuatu yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya berhitung dan lainnya.

“Begitu juga dengan literasi yakni kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Demikian kata dia dari upaya bimbingan pendidikan yang dilakukan sekolah-sekolah tentunya diharapkan nilai yang diperoleh siswa kelas V sesuai dengan harapan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *